Oppo Find X5 Pro bakal Pakai kamera Hasselblad?

Oppo Find X5 Pro bakal Pakai kamera Hasselblad?

ADVERTISEMENT

Oppo Find X5 Pro bakal Pakai kamera Hasselblad?

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Senin, 17 Jan 2022 21:14 WIB
Oppo Find X5 Pro
Foto: Dok. OnLeaks
Jakarta -

Bocoran ponsel flagship terbaru Oppo beredar di dunia maya, kemungkinan ponsel ini akan bernama Find X5 Pro. Apa yang menarik?

Dari gambar render yang beredar, desain ponsel ini masih cukup mirip dengan pendahulunya, yaitu Find X3 Pro. Sementara spesifikasinya pun tak jauh berbeda dengan OnePlus 10 Pro yang saat ini sudah dijual di China.

System on a chipnya adalah Snapdragon 8 Gen 1, layar 2K 120Hz LTPO 2.0. Lalu kameranya memakai dua sensor Sony IMX 766 50MP dan sebuah kamera dengan sensor 13MP.

Baterainya 5.000 mAh dengan 80 watt wired charging dan 50W wireless charging, demikian dikutip detikINET dari The Verge, Senin (17/1/2022).

Tak cuma itu, dari foto yang beredar pun terlihat kalau ada logo Hasselblad di bagian belakang ponselnya, sama seperti yang ada di OnePlus 10 Pro. Lalu dari bocoran menu pengaturan terlihat kalau ponsel ini juga memakai chip MariSilicon X, yaitu neural processing unit (NPU) yang dipakai untuk pengolahan gambar.

Chip MariSilicon X ini pertama diperkenalkan ke publik bersama Oppo Air Glass AR yang dirilis pada akhir 2021 lalu.

Fungsi utama NPU adalah untuk meningkatkan kualitas foto dan video yang dihasilkan oleh ponsel. Senior Director Oppo Jiang Bo mengatakan NPU MariSilicon X dibuat dengan menggabungkan image signal processing (ISP) dengan arsitektur memori multi-way yang mutakhir.



Dengan teknologi ini, NPU bisa menjalankan algoritma pemrosesan dengan lebih cepat dan efisien. NPU MariSilicon X sendiri bisa memproses 18 triliun operasi per detik (TOPS) dengan efisiensi daya 11,6 TOPS per watt.

Jiang mencontohkan, algoritma AI noise reduction yang ada di Oppo Find X3 Pro terbatas pada 2 fps dan membutuhkan daya 1.693 mW. Menggunakan MariSilicon X, algoritma itu bisa dijalankan hingga 40 fps dengan daya 797 mW.

Belum diketahui kapan Find X5 Pro ini akan dirilis, namun dua ponsel Find X sebelumnya selalu dirilis pada bulan Maret, jadi mungkin saja Find X5 Pro ini juga akan dirilis pada bulan Maret mendatang.

*Anda kini bisa cek harga dan perbandingan smartphone terbaru di detikINET. Silakan klik DI SINI.



Simak Video "Mengulik Kamera OPPO Find X5 Pro 5G Seperti Kamera Profesional!"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT