15 Fitur yang Tak Dimiliki iPhone Keluaran 15 Tahun lalu

ADVERTISEMENT

15 Fitur yang Tak Dimiliki iPhone Keluaran 15 Tahun lalu

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Senin, 10 Jan 2022 17:24 WIB
SAN FRANCISCO, CA - JANUARY 9: Apple CEO Steve Jobs holds up the new iPhone that was introduced at Macworld on January 9, 2007 in San Francisco, California. During the keynote Jobs introduced the new iPhone which will combine a mobile phone, a widescreen iPod with touch controls and a internet communications device with the ability to use email, web browsing, maps and searching. The iPhone will start shipping in the US in June 2007. (Photo by David Paul Morris/Getty Images)
iPhone 1. Foto: David Paul Morris/Getty Images
Jakarta -

15 Tahun lalu, Steve Jobs merilis iPhone generasi pertama di Macworld Expo yang digelar di San Francisco, Amerika Serikat.

Memang, ini adalah perangkat yang dirilis 15 tahun lalu. Tak adil tentu membandingkannya dengan perangkat yang ada saat ini. Namun ada beberapa fitur penting -- atau mungkin lebih tepatnya menjadi standar untuk saat ini -- yang dulu tak ada di perangkat tersebut. Apa saja sih?

  • App Store
    Ya, iPhone generasi pertama hanya mendukung aplikasi yang sejak awal dibenamkan oleh Apple. Pengguna tak bisa menginstal aplikasi tambahan di iPhone sampai Apple merilis App Store pada Juli 2008. Developer memang bisa menghadirkan aplikasi yang berbasis web, namun pengalaman penggunanya sangat jelek dan tak layak dipakai.
  • Copy paste
    Ini terlihat seperti fitur yang sangat standar untuk saat ini, namun iPhone generasi pertama tak memilikinya. Bahkan, fitur ini baru ada di iPhone keluaran 2009.
  • Kamera depan
    Ponsel masa kini tentu bakal aneh jika tak punya kamera depan, iPhone generasi pertama yang dirilis pada 2007 tak punya fitur tersebut. Bahkan kamera depan baru ada di iPhone 4 keluaran 2010, bersamaan dengan fitur video call FaceTime.
  • Perekaman video
    iPhone generasi pertama hanya bisa dipakai memotret, tak bisa merekam video. Terlebih lagi, storagenya hanya 4GB dan 8GB. Kemampuan merekam video baru ada di iPhone 3GS keluaran 2009.
  • Senter
    Mengingat kamera di iPhone pertama tak punya flash LED, maka fitur senter pun tentu tak ada. Namun saat App Store diluncurkan pada 2008, ada developer yang membuat aplikasi senter dengan menampilkan layar berwarna putih dengan tingkat keterangan maksimal.
  • MMS
    MMS memang fitur yang tak populer, dan iPhone pertama pun hanya mendukung SMS, tanpa kemampuan MMS untuk mengirim foto. MMS baru ada di iPhone OS 3.0 yang dirilis pada 2009, itu pun hanya tersedia di iPhone 3G dan 3GS.
  • GPS
    Meski punya Google Maps, iPhone generasi pertama tak punya GPS. Sehingga fitur arah tak bisa dipakai di perangkat tersebut. GPS baru ada di iPhone 3G yang dirilis pada tahun 2008.
  • Wallpaper di Home Screen
    Pengguna tak bisa mengganti gambar yang ada di layar ponsel sampai Apple merilis iOS 4 pada 2010, dan OS tersebut pun tak bisa dipakai di iPhone generasi pertama.
  • Siri
    Siri baru ada di iPhone 4S keluaran 2011

Halaman selanjutnya: Biometrik sampai anti air >>>

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT