15 Tahun Silam, Steve Jobs Pamerkan iPhone Generasi Pertama

15 Tahun Silam, Steve Jobs Pamerkan iPhone Generasi Pertama

Virgina Maulita Putri - detikInet
Senin, 10 Jan 2022 11:10 WIB
SAN FRANCISCO, CA - JANUARY 9: Apple CEO Steve Jobs holds up the new iPhone that was introduced at Macworld on January 9, 2007 in San Francisco, California. During the keynote Jobs introduced the new iPhone which will combine a mobile phone, a widescreen iPod with touch controls and a internet communications device with the ability to use email, web browsing, maps and searching. The iPhone will start shipping in the US in June 2007. (Photo by David Paul Morris/Getty Images)
15 Tahun yang Lalu, Steve Jobs Pamerkan iPhone Generasi Pertama Foto: David Paul Morris/Getty Images
Jakarta -

9 Januari merupakan hari yang bersejarah bagi Apple dan dunia teknologi. Di tanggal ini 15 tahun yang lalu, Steve Jobs memamerkan iPhone pertama di ajang MacWorld Expo di San Fransisco, California.

Mengenakan atasan turtleneck hitam yang menjadi favoritnya, Jobs mengenalkan iPhone sebagai tiga produk revolusioner dalam satu kemasan: iPod berlayar besar dengan kontrol sentuh, ponsel, dan perangkat komunikasi internet.

"Hari ini, Apple akan menciptakan kembali telepon," kata Jobs dalam keynote speech-nya yang melegenda, seperti dikutip dari MacRumors, Senin (10/1/2022).

Saat diluncurkan, iPhone generasi pertama merupakan perangkat yang ukurannya tidak lebih besar dari telapak tangan. Layar sentuhnya berukuran 3,5 inch dengan resolusi 480 x 320.

iPhone generasi pertama juga dilengkapi dengan kamera belakang 2 MP, memori internal hingga 16GB dan konektor 30-pin. Tombol Home fisik di bawah layar dan headphone jack 3,5 mm masih menghiasi ponsel ini.

iPhone saat itu dijual dengan harga USD 499 untuk varian terendahnya yang memiliki memori internal 4GB. Ponsel tersebut baru mulai dijual pada 29 Juni 2007.

Di saat smartphone lain di zamannya mengandalkan keyboard fisik atau stylus, iPhone langsung menarik perhatian berkat desain layar yang lebih besar serta pengoperasian yang mengandalkan multi-sentuh.

Sejak tahun 2007, iPhone sudah mengalami banyak perubahan baik dari desain eksterior sampai internalnya. Perubahan yang ada di iPhone juga menjadi tren dan diikuti oleh vendor ponsel lainnya, seperti saat iPhone 7 menghilangkan headphone jack.

Pada Januari 2021, Apple mengatakan saat ini ada satu miliar pengguna aktif iPhone di seluruh dunia. Kesuksesan iPhone bahkan mengantarkan Apple menjadi perusahaan pertama di dunia yang mencapai valuasi pasar USD 3 triliun.

Kini Apple sedang menyiapkan iPhone 14 yang kemungkinan akan dirilis pada musim gugur tahun ini. iPhone generasi baru ini diprediksi akan menghilangkan desain notch dan menggantikannya dengan display punch-hole untuk menghadirkan layar yang lebih besar.

Untuk memperingati hari lahirnya iPhone, kalian bisa menonton kembali keynote speech Steve Jobs saat memperkenalkan ponsel yang mengubah dunia ini 15 tahun yang lalu.

[Gambas:Youtube]



Simak Video "Prediksi iPhone 14: Tanpa Notch dan Model Mini"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/vmp)