BlackBerry OS Disuntik Mati, Bagaimana Nasib Pengguna?

BlackBerry OS Disuntik Mati, Bagaimana Nasib Pengguna?

Virgina Maulita Putri - detikInet
Sabtu, 08 Jan 2022 17:45 WIB
fotoinet nostalgia BlackBerry 9790 Bellagio
BlackBerry OS Disuntik Mati, Bagaimana Nasib Pengguna? Foto: Pocket Lint
Jakarta -

Pengguna BlackBerry harus mengucapkan selamat tinggal kepada ponsel lawasnya karena sistem operasi yang digunakan ponsel ikonik itu sudah dimatikan. Lalu bagaimana nasib pengguna yang masih setia dengan ponsel BlackBerry-nya?

Layanan BlackBerry yang tidak lagi didukung adalah BlackBerry 7.1 OS dan versi sebelumnya, BlackBerry 10, dan BlackBerry PlayBook OS 2.1 dan versi sebelumnya. Dukungan untuk perangkat yang menjalankan sistem operasi tersebut berakhir sejak 4 Januari 2022.

Akibatnya, perangkat yang menjalankan sistem operasi di atas, baik lewat jaringan seluler atau Wi-Fi, tidak bisa melakukan fungsi dasar seperti panggulan telepon, SMS, data, bahkan panggilan darurat ke 911.

Penghentian dukungan juga berlaku untuk pengguna dengan alamat email yang dihosting BlackBerry atau jika kalian menerima email yang dialihkan dari alamat email yang dihosting BlackBerry di platform lain.

Pengguna bisnis dengan Enhanced Sim Based License (ESBL) atau Identity Based License (IBL) juga akan terdampak. Selain untuk sistem operasi BlackBerry OS dan BlackBerry PlayBook OS, perusahaan asal Kanada ini juga mengatakan bahwa aplikasi seperti BlackBerry Link, BlackBerry Desktop Manager, BlackBerry World, BlackBerry Protect, BlackBerry Messenger, dan BlackBerry Blend akan memiliki fungsi yang terbatas.

Kabar baiknya, kalau kalian menggunakan perangkat BlackBerry yang menjalankan sistem operasi Android ponsel kalian akan berfungsi seperti biasa. Kecuali jika kalian menerima email yang dialihkan dari alamat email yang dihosting oleh BlackBerry, atau memiliki ESBL atau IBL.

Sedangkan layanan BBM Enterprise dan BBM Enterprise for Individual Use tetap akan berfungsi di platform lain, seperti dikutip dari Cnet, Sabtu (8/1/2022).

Lantas apa yang akan terjadi dengan data pengguna? Semua data yang disimpan di BlackBerry yang sudah tidak diperlukan atau relevan akan dihapus, dihancurkan, atau dianonimkan. Kalian juga bisa menghubungi privacyoffice@blackberry.com untuk meminta penghapusan data.

Untuk memindahkan data, laman FAQ BlackBerry menyarankan pengguna untuk menggunakan ponsel baru. Jika kalian memiliki alamat email yang dihosting oleh BlackBerry atau menerima email yang dialihkan dari alamat email yang dihosting oleh BlackBerry, kalian juga membutuhkan alamat email baru.

Pengguna bisnis di BES5 juga harus pindah ke produk baru BlackBerry Unified Endpoint Management dan BlackBerry Suits baru. Jika masih menggunakan ESBL atau IBL, kalian harus mencari lisensi standar.

Jika kalian ingin mencadangkan media yang ada di ponsel, kunjungi halaman resmi BlackBerry untuk mengetahui langkah-langkah backup bagi masing-masing perangkat dan sistem operasi.



Simak Video "5 Faktor Pendorong BlackBerry Disuntik Mati"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/afr)