Strategi Xiaomi untuk 2022: Geber Perangkat High end dan AIoT

Strategi Xiaomi untuk 2022: Geber Perangkat High end dan AIoT

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Sabtu, 08 Jan 2022 10:13 WIB
Alvin Tse, Country Director Xiaomi Indonesia, saat peluncuran Xiaomi Redmi Note 10 dan Redmi Note 10 Pro.
Country Director Xiaomi Indonesia Alvin Tse. Foto: Dok. Xiaomi
Jakarta -

Xiaomi punya strategi baru untuk menyambut tahun 2022, untuk menyambung berbagai pencapaian mereka selama tahun 2021 lalu.

Strategi tersebut antara lain adalah menghadirkan produk high-end untuk pasar Indonesia setelah tahun 2021 hadir dengan produk terbaik dari ponsel maupun AIoT seperti Mi 11, Mi 11 Ultra, RedmiBook 15, dan Xiaomi Pad 5.

Begitu pula rencana untuk menghadirkan pengalaman baru ritel melibatkan produk AIoT sebagai edukasi kepada konsumen tentang manfaat dari gaya hidup pintar.

"Ada empat strategi utama Xiaomi untuk Indonesia pada tahun 2022 sebagai smart choice bagi Xiaomi Fans yaitu memperkuat portofolio produk high-end, menghadirkan pengalaman ritel AIoT, memastikan pemisahan merek Xiaomi dan Poco, serta memperkuat pasar regional," ujar Alvin Tse, Country Director Xiaomi Indonesia, dalam acara virtual, Jumat (7/1/2022).

Xiaomi juga menegaskan pemisahan dengan Poco yang mengumumkan diri sebagai brand independen pada bulan Januari 2021. Xiaomi dan Poco akan beroperasi dengan strategi dan pendekatan yang berbeda meskipun masih berbagi infrastruktur seperti layanan purna jual, manufaktur, serta quality control.

Memperkuat pasar regional adalah strategi Xiaomi yang dijalankan pada tahun 2022 ini, dengan meningkatkan kehadiran ritel di lebih banyak tempat sehingga makin mudah mendapatkan produk ponsel maupun AIoT.

Begitu pula jaringan purna jual sehingga makin mudah untuk mendapatkan layanan yang memanjakan pengguna. Tidak ketinggalan lebih banyak orang yang akan direkrut untuk menggarap pasar daerah.

Sepanjang tahun 2021, Xiaomi meraih sejumlah pencapaian seperti menghadirkan produk high-end termasuk kategori baru produk AIoT berupa laptop dan tablet, memperkokoh kehadiran ritel dengan 400+ Xiaomi Store meliputi Xiaomi Shop, serta 4000+ Xiaomi Preferred Partner di seluruh Indonesia.

Begitu pula dengan layanan purna jual meliputi 400 titik servis di seluruh Indonesia yang akan memudahkan pengguna.

Pencapaian paling bersejarah tentunya adalah menjadi brand ponsel nomor 1 di Indonesia pada Q2 2021 dengan pangsa pasar 28% serta pertumbuhan paling pesat yakni 112% year-on-year.



Simak Video "Bocoran Ponsel Anyar Xiaomi yang Akan Meluncur di Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/afr)