Oledcomm Rilis Tablet Android Pertama dengan LiFi di CES 2022

CES 2022

Oledcomm Rilis Tablet Android Pertama dengan LiFi di CES 2022

Adi Fida Rahman - detikInet
Jumat, 07 Jan 2022 17:54 WIB
LiFiMAXTab
Foto: Oledcomm
Jakarta -

Perhelatan CES 2022 disemarakan dengan kehadiran tablet Android pertama mengusung koneksi LiFi (Light Fidelity). Tablet tersebut bernama LiFiMAXTab besutan Oledcomm.

Tablet ini melengkapi rangkaian Titik Akses, Antena Fotonik, dan dongle USB. Menghadirkan kemampuan LiFi ke rumah pas untuk dijadikan alat tempur bagi mereka yang work from home (WFH).

"Tablet ini memungkinkan semua anggota keluarga terhubung ke Internet melalui cahaya yang tak terlihat, menyediakan koneksi bebas frekuensi radio yang kuat, stabil, dengan sinyal yang tidak dapat disadap dari luar ruangan. LifiMAXTab sangat ideal untuk penggunaan di kantor, untuk orang tua dan anak-anak di rumah atau di sekolah," kata Benjamin Azoulay, Presiden Oledcomm.

LifiMAXTab memiliki modul LiFi terintegrasi dengan kecepatan downstream 150Mbps dan upstream 150Mbps. Selain itu, Oledcomm punya koneksi point-to-point 3Gbps pada jarak 1 hingga 5m.

Tablet ini menghadirkan layar 10,1 inch dengan resolusi 1920 x 1200 pixel. Oledcomm memodalinya dengan chipset MediaTek MTK6762 yang dipadukan dengan RAM 4 GB dan memori internal 64 GB.

Ada dua kamera yang terpasang di tablet ini, masing-masing berukuran 2 MP dan 5 MP. LifiMAXTab memiliki USB Type C, jack audio 3,5 mm, TF card reader dan baterai 8.000 mAh.

LiFiMAXTabLiFiMAXTab Foto: Oledcomm

Oledcomm bakal menjual LiFiMaxTab pada Februari 2022 mendatang. Harganya 400 euro atau kisaran Rp 6,5 juta.

Untuk diketahui LiFi adalah teknologi jaringan optik nirkabel, yang menggunakan dioda pemancar cahaya (LED) untuk mengirimkan data. Pada tahun 2011, profesor Harald Haas membuat demonstrasi LiFi di TED (Technology, Entertainment, Design) Global Talk on Visible Light Communication (VLC).

VLC menggunakan cahaya sebagai media untuk menyampaikan komunikasi berkecepatan tinggi seperti Wi-Fi dan sesuai dengan standar IEEE IEEE 802.15.7. IEEE 802.15.7 adalah standar berbasis teknologi komunikasi nirkabel berkecepatan tinggi, dua arah, dan jaringan penuh yang serupa dengan IEEE 802.11 Wi-Fi.

LiFiMAXTabLiFiMAXTab Foto: Oledcomm

Bicara cara kerjanya LiFi terdiri dari beberapa bola lampu yang membentuk jaringan nirkabel. Ketika arus listrik mengalir ke bola lampu LED, aliran cahaya (foton) dipancarkan dari lampu.

Sinyal dikirim dengan memodulasi cahaya pada tingkat yang berbeda. Sinyal kemudian dapat diterima oleh detektor yang menafsirkan perubahan intensitas cahaya (sinyal) sebagai data.

Manfaat utama LiFi adalah sebagai berikut:

• Keamanan : Menyediakan akses yang sepenuhnya aman. Di mana tidak ada cahaya, tidak ada data.

• Keamanan : Tidak menghasilkan radiasi elektromagnetik dan tidak mengganggu sistem elektronik yang ada.

• Lokalisasi : Memungkinkan pelokalan karena area cakupan titik akses LiFi yang kecil - pelokalan dapat digunakan untuk pelacakan aset yang sangat tepat.

• Kepadatan data : Menyediakan akses nirkabel berkecepatan tinggi di mana-mana yang menawarkan kepadatan data yang jauh lebih besar (kecepatan data per unit area) daripada RF melalui penggunaan kembali bandwidth tinggi.

*Anda kini bisa cek harga dan perbandingan smartphone terbaru di detikINET. Silakan klik DI SINI.



Simak Video "Perusahaan E-Commerce Paling Banyak Langgar Perlindungan Data Pribadi"
[Gambas:Video 20detik]
(afr/fay)