Apple Mau Hilangkan Digital Crown di Apple Watch?

Apple Mau Hilangkan Digital Crown di Apple Watch?

Josina - detikInet
Minggu, 02 Jan 2022 17:45 WIB
Apple Watch Series 7 resmi dirilis
Foto: Dok. Apple
Jakarta -

Digital Crown pada Apple Watch adalah tombol fisik yang bertindak sebagai tombol home atau untuk mengakses daftar aplikasi. Fitur ini juga memungkinkan pengguna menelusuri menu dan melakukan penyesuaian.

Pada dasarnya, Digital Crown adalah cara lain bagi pengguna untuk berinteraksi dengan jam tangannya tanpa menggunakan layar sentuh.

Namun, kabarnya Apple akan menghilangkan tombol Digital Crown. Menurut paten yang ditemukan oleh Patently Apple, tampaknya Apple telah mengajukan paten untuk Apple Watch yang menghilangkan kebutuhan akan Digital Crown.

Sebagai gantinya, Apple akan mengganti Digital Crown fisik dengan sensor optik. Sensor ini akan menawarkan fungsionalitas yang sama dengan Digital Crown, kecuali sensor ini bergantung pada gerakan untuk mendeteksi apa yang ingin dilakukan pengguna.

Sebagaimana dilansir detikINET dari Ubergizmo, menurut deskripsi paten Apple, melepas dial fisik memungkinkan mereka mengosongkan ruang internal yang dapat digunakan untuk komponen lain, sekaligus membuat jam lebih tahan lama karena menghilangkan bagian yang bergerak.

Disebutkan pula bahwa dengan menerapkan sensor optik, Digital Crown yang baru juga dapat digunakan untuk mengukur hal-hal seperti detak jantung, laju pernapasan, tekanan darah, dan lainnya, selain EKG yang saat ini digunakan oleh Digital Crown pada perangkat yang sudah ada di Apple Watch. Meskipun demikian, informasi tersebut sejauh ini baru sebatas paten. Jadi tidak tahu pasti apakah Apple benar-benar akan menerapkannya di masa mendatang.



Simak Video "Fitur Baru yang Ditawarkan Apple Watch Series 7"
[Gambas:Video 20detik]
(jsn/rns)