5 Smartband Terbaik 2021 Adalah...

Year in Review 2021

5 Smartband Terbaik 2021 Adalah...

Adi Fida Rahman - detikInet
Jumat, 31 Des 2021 19:11 WIB
Oppo Band Style
Ilustrasi. Foto: dok Oppo
Jakarta -

Dari berbagai perangkat Internet-of-Thing (IoT) yang dirilis di Indonesia, smartband menjadi salah satu yang diminati. Perangkat ini dijadikan teman untuk membantu wujudkan hidup sehat tanpa harus mengeluarkan budget lebih.

Rata-rata smartband dijual di bawah Rp 1 juta. Walaupun murah, gelang pintar dibekali fitur kesehatan dan kebugaran yang lengkap.

Tidak saja mode olahraga, dewasa ini smartband dilengkapi pemantau detak jantung dan kadar oksigen dalam darah yang sangat berguna selama pandemi. Desainnya pun kini dibuat lebih menarik, sehingga bisa dikenakan saat formal sekalipun.

Nah dari sekian banyak perangkat yang diluncurkan di Indonesia, berikut 5 smartband terbaik 2021 pilihan detikINET.

Mi Band 6

Xiaomi Mi Band 6Xiaomi Mi Band 6 Foto: dok. Xiaomi

Mi Band 6 menggunakan layar AMOLED 1,56 inch dengan resolusi 152 x 486 pixel, 326 PPI dan tingkat kecerahan hingga 450 nits. Xiaomi mengklaim layar tersebut 50% lebih besar dibandingkan Mi Band 5.

Peningkatan terbesar yang dibawa Mi Band 6 adalah adanya sensor SpO2. Sensor ini bantu memonitor oksigen dalam darah saat beraktivitas. Tidak hanya itu, fitur ini juga bisa memonitor kualitas napas saat tidur.

Gelang pintar ini juga dilengkapi monitor detak jantung PPG yang aktif 24/7. Ada juga fitur untuk memonitor kualitas tidur, monitor stress, latihan pernapasan, dan monitor kesehatan wanita.


Huawei Band 6

Huawei Band 6Huawei Band 6 Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Huawei Band 6 membawa layarOLED 1,47 inch artinya 148% lebih lapang dari pendahulunya. Gelang pintar ini punya dukungan 96 mode latihan, termasuk berlari, berjalan, bersepeda, berenang dan skipping.

Dengan ketahanan a 5ATM membuat gelang pintar ini bisa diajak ke aktivitas dalam air hingga di kedalaman 50 meter. Huawei turut memberikan teknologi TruSeen 4.0 untuk pemantauan detak jantung 24/7 dan akan memberi peringatan jika terjadi ketidaknormalan. Fitur lain yang tersedia meliputi TruSleep 2.0 untuk pelacakan tidur dan SpO2 untuk melacak kadar oksigen dalam darah, Trurelax untuk memonitor stres dan pelacakan siklus menstruasi.

Huawei Band 6 tahan hingga 2 minggu pemakaian saat baterai terisi penuh. Selain itu diberikan pengisian cepat, hanya 5 menit bisa digunakan untuk dua hari.


Oppo Band

Oppo BandOppo Band Foto: Virgina Maulita Putri/detikINET



Oppo Band mengusung display AMOLED berukuran 1,1 inch dengan 100% DCI-P3 color gamut dan bisa menampilkan hingga 50 karakter. Untuk membuat tampilan layar yang lebih menarik, Oppo menyertakan 40 pilihan watch face.

Fitur kesehatan andalan Oppo Band adalah sensor SpO2 yang bisa mengukur kadar oksigen dalam darah sepanjang hari, bahkan saat pengguna tidur. Jika dikenakan saat tidur, fitur ini bisa membantu pengguna untuk memonitor kebiasaan tidur mereka.

Selain itu ada monitor detak jantung yang menggunakan sensor optik. Monitor ini juga akan aktif sepanjang hari dan bisa memberikan peringatan dalam bentuk getaran jika terdeteksi kelainan.

Selanjutnya Realme Band 2 dan Honor Band 6