Mouse Gaming Ini Punya SSD 1TB, Buat Apa?

Mouse Gaming Ini Punya SSD 1TB, Buat Apa?

ADVERTISEMENT

Mouse Gaming Ini Punya SSD 1TB, Buat Apa?

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Selasa, 28 Des 2021 14:39 WIB
XPG Vault, mouse gaming yang dilengkapi SSD hingga 1TB.
XPG Vault. Foto: Dok. XPG
Jakarta -

XPG memamerkan konsep mouse bernama XPG Vault, yaitu mouse gaming yang dilengkapi SSD berkapasitas hingga 1TB. Buat apa, sih?

Sebenarnya saat ini sudah ada banyak mouse gaming yang dilengkapi storage, namun kapasitasnya tak besar, apalagi sampai 1TB. Storage itu lazimnya dipakai untuk menyimpan pengaturan mouse dan juga macro, sehingga gamer tak perlu mengatur ulang mousenya saat pindah perangkat.

Namun yang ditawarkan XPG ini berbeda, karena SSD tersebut dipakai untuk menyimpan game, sehingga penggunanya bisa membawa game beserta berbagai pengaturannya saat berpindah dari PC satu ke PC lainnya.

Tak banyak informasi spesifikasi yang diberikan XPG, namun menurut mereka, prototipe Vault saat ini bisa menggunakan SSD dengan kapasitas hingga 1TB berkecepatan hingga 985MB/s, dan terhubung ke PC menggunakan USB-C.

Belum jelas juga ada berapa pilihan kapasitas yang nantinya akan ditawarkan oleh XPG, begitu juga informasi apakah SSD tersebut bakal bisa diganti sendiri oleh pengguna.

Informasi SSD yang dipakai pun tak disebutkan, namun kemungkinan besar SSD tersebut dibuat oleh ADATA, perusahaan pembuat RAM dan SSD yang menjadi pemilik XPG. Begitu juga dengan informasi teknis soal mousenya, seperti sensor yang dipakai ataupun DPI yang didukung.

Namun yang jelas mereka juga merilis XPG Alpha, yang bentuknya mirip Vault, namun berfungsi secara nirkabel dan tak dilengkapi SSD. Alpha ini menggunakan sensor PAW3335 dari Pixart.

Vault bakal dipamerkan oleh XPG di ajang CES 2022, yang tetap digelar secara offline meski sudah banyak perusahaan yang mengundurkan diri dari keikutsertaannya di ajang tahunan tersebut.

Perlu diingat, Vault adalah sebuah mouse yang disebut XPG sebagai konsep dan prototipe. Belum diketahui apakah mouse ini akan benar-benar diluncurkan ke publik nantinya, mengingat banyak produk konsep yang dipamerkan di CES pada akhirnya tidak diluncurkan ke publik.



Simak Video "Sederet Teknologi yang Dibawa Samsung di CES 2022"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT