Bocoran Fitur Baru Android 13 Tiramisu

Bocoran Fitur Baru Android 13 Tiramisu

Virgina Maulita Putri - detikInet
Jumat, 24 Des 2021 21:40 WIB
FILE PHOTO: A 3D printed Android mascot Bugdroid is seen in front of a Google logo in this illustration taken July 9, 2017. Picture taken July 9, 2017.  REUTERS/Dado Ruvic/Illustration - RC1B112FBA80/File Photo
Bocoran Fitur Baru Android 13 Tiramisu (Foto: Dado Ruvic/Reuters)
Jakarta -

Saat ini masih banyak pengguna Android yang menunggu kehadiran update Android 12 versi stabil dan Android 12L masih dalam tahap beta. Meski begitu, pengembangan Android 13 sudah berjalan dan beberapa fitur barunya telah bocor.

Bocoran ini datang dari XDA Developers yang mendapatkan informasi dari sumber yang memiliki akses terhadap build awal Android 13. Karena ini masih dalam tahap awal pengembangan, kemungkinan fitur ini bisa berubah di versi finalnya.

Dari bocoran ini juga diketahui bahwa Android 13 mengusung nama internal 'Tiramisu', melanjutkan tradisi Google yang memberikan nama hidangan penutup untuk semua versi Android.

Untuk fitur barunya, salah satu fitur Android 13 yang menjanjikan adalah opsi untuk mengatur bahasa yang berbeda di masing-masing aplikasi. Saat ini di semua versi Android pengguna hanya bisa mengaktifkan satu bahasa untuk pengaturan system-wide.

Fitur ini bisa bermanfaat untuk pengguna yang fasih berbicara dalam banyak bahasa. Fitur bernama 'Panlingual' ini bisa diakses lewat menu 'App Language' yang ada di pengaturan.

Google juga menyiapkan izin akses baru untuk notifikasi. Saat ini pengguna Android wajib menerima notifikasi dari aplikasi dan harus opt-out secara manual untuk mematikannya.

Dengan fitur baru ini, pengguna bisa memilih untuk mengizinkan aplikasi menampilkan notifikasi atau tidak. Metode ini mirip seperti cara pengguna memilih untuk memberikan aplikasi izin ke lokasi atau kamera.

Android 13 juga kemungkinan akan mengenalkan fitur baru bernama 'Android Resource Economy yang bisa membantu pengguna menjaga baterai ponsel tetap awet.

Dengan fitur ini, aplikasi akan diberikan kredit berdasarkan level baterai ponsel. Kredit ini kemudian bisa ditukarkan untuk menjalankan tugas tertentu. Sepertinya semakin kecil daya yang tersisa maka kredit yang diberikan ke aplikasi juga semakin sedikit.

Terakhir, Google kemungkinan akan membawa perubahan visual di jam lock screen agar bisa ditampilkan dalam satu baris. Seperti diketahui, saat ini tampilan jam lock screen selalu berubah menjadi dua baris jika tidak ada notifikasi yang masuk, seperti dikutip dari Gizmodo, Jumat (24/12/2021).

Untuk tampilan antarmukanya sendiri Android 13 terlihat identik dengan Android 12. Tapi hal ini cukup wajar mengingat sistem operasi tersebut belum memasuki fase developer preview apalagi beta.

Jika sesuai dengan tahun-tahun sebelumnya, kemungkinan Google akan mengenalkan Android 13 di event Google I/O pada musim gugur tahun depan.



Simak Video "Google Pixel 7 Jadi Smartphone Pertama yang Dibekali Android 13"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)