Kembalinya Era Ponsel Lipat, Pengakuan untuk Galaxy Z Flip3 5G

Kembalinya Era Ponsel Lipat, Pengakuan untuk Galaxy Z Flip3 5G

ADVERTISEMENT

Year in Review 2021

Kembalinya Era Ponsel Lipat, Pengakuan untuk Galaxy Z Flip3 5G

Yudistira Perdana Imandiar - detikInet
Kamis, 23 Des 2021 17:12 WIB
Samsung Galaxy Z Flip3 5G
Foto: Samsung
Jakarta -

Ponsel pintar lipat merupakan inovasi besar dalam sejarah telepon seluler. Jenis ponsel yang memiliki dua konfigurasi layar ini menggabungkan fungsionalitas plus kepraktisan bagi penggunanya untuk menjalankan berbagai aktivitas mobile.

Sempat booming ponsel lipat dengan konfigurasi tombol candy bar plus qwerty di awal dekade 2000-an, kini inovasi ponsel lipat kian fantastis. Samsung sebagai raksasa teknologi di dunia menghadirkan inovasi ponsel dengan layar lipat yang punya sederet fitur revolusioner.

Era baru dari era ponsel lipat dihadirkan Samsung melalui salah satu line-up produknya, Galaxy Z Flip3 5G. Ponsel dengan tampilan trendy, compact, sekaligus teknologi layar lipat yang mengagumkan. Galaxy Z Flip3 5G merupakan generasi terbaru dari Samsung Galaxy Z Flip yang dirilis tahun 2021.

Galaxy Z Flip3 5G meluncur dengan desain dan pilihan warna yang stylish untuk merepresentasikan ekspresi penggunanya. Smartphone ini dibekali layar Infinity Flex Display berukuran 6,7 inci sebagai layar utama. Layar tersebut menggunakan panel Dynamic AMOLED 2x berkemampuan 120Hz adaptive refresh rate sehingga dapat menampilkan konten dengan mulus dan jelas.

Samsung Z Flip3 5GFoto: Samsung

Saat dilipat, ponsel ini memiliki bentuk persegi dilengkapi Cover Screen 1,9 inci dengan resolusi yang 260 x 512 pixel. Cover Screen ini memiliki lebih banyak kegunaan seperti mengecek notifikasi, melihat berbagai widget, mengatur musik yang dimainkan, hingga membayar dengan S Pay.

Pengguna dapat mengambil selfie mengandalkan Cover Screen Galaxy Z Flip3 5G. Hal ini lantaran tersedia fitur Quick Shot yang telah dikembangkan dari generasi sebelumnya.

Cara menggunakan fitur tersebut mudah saja, cukup menekan tombol daya dua kali maka fitur Quick Shot sudah diaktifkan dan pengguna bisa melihat preview foto di Cover Screen. Pengguna juga bisa beralih dari mode foto ke ke video dengan cara swipe ke samping, serta mengatur penggunaan lensa wide atau ultra wide dengan swipe ke atas atau bawah.

Fitur unggulan lainnya di Galaxy Z Flip3 5G adalah Flex Mode yang memungkinkan pengguna mengakses sejumlah aplikasi dengan layar yang terbuka sebagian. Di Galaxy Z Flip3 5G, fitur ini dibuat jadi lebih canggih lagi.

Dengan fitur Flex Mode di Galaxy Z Flip3 5G, pengguna bisa membuat konten secara hands free tanpa perlu repot membawa tripod. Tidak hanya itu, pengguna juga bisa mengambil foto dan video dengan mengubah pengaturan di bagian bawah layar, sambil melihat preview di bagian atas layar.

Selain itu, ponsel ini dirancang memiliki konektivitas yang sangat baik. Hal ini berkat fitur Smart Switch yang memungkinkan pengguna untuk mentransfer data-data penting lainnya seperti kontak, notes, foto, video, hingga bookmark di aplikasi browser saat berganti smartphone dari perangkat berbasis iOS, Windows, maupun sesama Android ke Samsung Galaxy. Menariknya, Smart Switch di Galaxy Z Flip3 5G dapat memindahkan history percakapan dari WhatsApp di iOS ke Android.

Samsung Z Flip3 5GFoto: Samsung

Hadir dengan tampilan stylish, jangan anggap Galaxy Z Flip3 5G tak punya durabilitas mumpuni. Sebab, ponsel ini memiliki perlindungan IPX8 yang membuatnya tahan air hingga kedalaman 1,5 meter selama 30 menit.

Mempertimbangkan desainnya yang unik plus fitur revolusioner yang dibawanya, Samsung Galaxy Z Flip3 5G dinobatkan Majalah Times sebagai 'penemuan terbaik di tahun 2021'. Menurut Majalah Times, Samsung berhasil mengubah citra ponsel lipat yang desainnya cenderung kaku dan membosankan dengan banyaknya tombol di body perangkat, menjadi ponsel lipat yang enak dipandang dan digenggam.

"Selama beberapa tahun terakhir, pabrikan berusaha untuk memadukan fungsionalitas smartphone dengan dengan portabilitas sebuah ponsel lipat yang ada di era 2000-an, dengan hasil yang biasa saja. Tapi, dengan Galaxy Z Flip 3, Samsung akhirnya membuat hasil yang sangat baik," tulis Times dalam ulasannya.

"Z Flip memiliki desain compact layaknya ponsel dari 2 dekade lalu, tapi bedanya Anda tidak diberikan layar kecil dan tombol fisik, melainkan layar 6,7 inci yang menawan dengan layar cover, jadi kamu bisa dengan mudah membaca pesan atau panggilan telepon saat layar ditutup," imbuhnya.



Simak Video "Galaxy Z Flip 5 Diprediksi Bakal Punya Layar Eksternal Lebih Besar"
[Gambas:Video 20detik]
(ncm/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT