Inovasi Ponsel Layar Lipat Mewah Inovasi Berlimpah

ADVERTISEMENT

Year In Review 2021

Inovasi Ponsel Layar Lipat Mewah Inovasi Berlimpah

Adi Fida Rahman - detikInet
Kamis, 23 Des 2021 06:16 WIB
Galaxy Z Fold 3
Samsung Galaxy Z Fold3 5G (Foto: Adi Fida Rahman/detikINET)
Jakarta -

Tahun 2021 dimeriahkan dengan inovasi teknologi smartphone. Ponsel layar lipat jadi buah bibir tahun ini dan menjadi trend baru.

Selama dua dekade ke belakang, kita disuguhkan dengan ponsel berdesain itu-itu saja. Seolah tidak ada gebrakan sama sekali dari segi tampilan dan cara penggunaan, betul-betul membosankan,

Namun angin segar berhembus di 2018, kala itu produsen ponsel asal China yang tidak dikenal namanya, yakni Royole, memperkenalkan FlexPai. Itu adalah ponsel layar lipat pertama di dunia.

Tak pelak seluruh mata di dunia terkesima, karena layar ponsel dengan begitu luwesnya bisa dilipat seperti sebuah buku. Sayangnya perangkat tersebut hanya dijual terbatas di China.

Jadi impian untuk menjajal ponsel layar lipat pupus sudah. Tapi selang tak berapa lama secercah harapan pun muncul, Samsung mengumumkan konsep Infinity Flex Display pada November 2018.

Mereka memastikan akan siap memproduksi massal panel layar tersebut dalam hitungan bulan. Jadi tersebut ditepati, Februari 2019 Samsung memperkenalkan Galaxy Fold. Kehadirannya membawa pengalaman baru.

Galaxy Z Fold mengusung dua layar. Layar bagian luar untuk memeriksa pesan dan melakukan panggilan telepon. Lalu di bagian dalam terdapat layar seukuran sebuah tablet namun bisa dilipat di bagian tengahnya sehingga lebih nyaman di bawa-bawa.

Sukses menghadirkan Galaxy Z Fold tak lantas membuat Samsung puas diri. Apalagi Huawei turut menghadirkan Mate X, meski mengusung konsep yang berbeda.

Samsung langsung meracik penerus Galaxy Z Fold. Hasilnya Samsung Galaxy Z Fold2 yang meluncur September 2020.

Tampilannya dibuat makin mewah, dan layar bagian luar makin diperbesar ukurannya. Sistem engsel pun turut disempurnakan. Alhasil ponsel layar lipat ini mendapatkan respon positif di pasaran.

Namun ada sejumlah hal yang masih mengganjal banyak orang untuk mengadopsi foldable phone. Pertama dari segi harga, tidak dipungkiri saat ini cukup mahal.

Kedua, daya tahannya. Banyak yang pikir-pikir membeli ponsel layar lipat karena durabilitas dan belum tahan air. Padahal mereka sudah menghabiskan banyak dana untuk membelinya.

Halaman selanjutnya: Galaxy Z Fold3 5G >>>



Simak Video "Samsung Kecolongan, Data Pribadi Pengguna AS Bocor"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT