Snapdragon 8cx Gen 3 Diumumkan untuk Saingi MacBook Air M1

Snapdragon 8cx Gen 3 Diumumkan untuk Saingi MacBook Air M1

Adi Fida Rahman - detikInet
Kamis, 02 Des 2021 06:42 WIB
Snapdragon 8cx Gen 3
Snapdragon 8cx gen 1 pesaing Apple M1. Foto: Qualcomm
Jakarta -

Setelah memperkenalkan Snapdragon 8 Gen 1, Qualcomm mengumumkan chip yang menyaingi Apple M1 di perhelatan Snapdragon Tech Summit 2021. Ada dua chipset yang dihadirkan untuk mentenagai laptop, yakni Snapdragon 8cx Gen 3 dan Snapdagon 7c+ Gen 3.

Snapdragon 8cx Gen 3 dirancang untuk menghadirkan kinerja ekstrem untuk dipasang pada laptop ultra-slim premium dan tanpa kipas alias pesaing MacBook Air M1. Sementara untuk memperkuat ekosistem PC Windows dan Chromebook level pemula dengan konektivitas 5G dihadirkan Snapdragon 7c+ Gen 3 Compute Platform.

"Snapdragon 8cx Gen 3 dibuat dari terobosan teknologi yang telah mengubah industri PC, menghadirkan pengalaman premium dengan kinerja terobosan per watt, kamera dan audio yang imersif dengan akselerasi AI yang ditingkatkan, konektivitas 5G secepat kilat, dan keamanan cip-ke-cloud di sistem tipis tanpa kipas," ungkap Miguel Nunes, Vice President, Product Management, Qualcomm Technologies, Inc.

"Dengan Snapdragon 7c+ Gen 3, kami meningkatkan standar di level pemula dengan memperluas mobile computing 5G di seluruh ekosistem. Baik untuk konsumen, bisnis, atau pendidikan, platform komputasi Snapdragon memberikan kemampuan dan pengalaman yang dibutuhkan oleh pelanggan ekosistem dan pengguna akhir kami."

Snapdragon 8cx Gen 3

Snapdragon 8cx Gen 3 dibangun dengan fabrikasi 5nm menjanjikan kinerja dan efisiensi yang unggul. Dikombinasikan dengan pengoptimalan lainnya, memungkinkan untuk meningkatkan kinerja CPU Qualcomm Kryo secara drastis, sambil mempertahankan konsumsi daya yang serupa dengan generasi sebelumnya, menghasilkan tingkat efisiensi baru yang menakjubkan.

Dengan integrasi prime core baru, Snapdragon 8cx Gen 3 menghadirkan peningkatan kinerja hingga 85% dan kinerja per watt hingga 60% lebih baik dibandingkan platform x86 yang kompetitif. Ini berarti pengguna akan merasakan kekuatan komputasi premium untuk bekerja lebih cepat dalam aplikasi produktivitas dengan dukungan daya baterai hingga beberapa hari.

Selama aktivitas intensif GPU, seperti penjelajahan web, pengeditan video dan foto, dan konferensi video, pengguna akan mendapat manfaat dari pengalaman grafis dan perangkat lunak yang luar biasa dari Qualcomm Adreno GPU dengan peningkatan kinerja yang menakjubkan hingga 60% dibandingkan generasi sebelumnya.

Snapdragon 8cx Gen 3Snapdragon 8cx Gen 3 Foto: Qualcomm

Platform premium ini juga mendukung game dengan resolusi full HD (hingga 120 FPS) dan dioptimalkan untuk memungkinkan pengguna bermain game hingga 50% lebih lama dari platform pesaing.

Snapdragon 8cx Gen 3 menawarkan konektivitas paling kuat untuk laptop yang selalu terhubung. Dukungan untuk sistem Modem-RF Snapdragon X55, X62, atau X65 5G memungkinkan perangkat yang ditenagai oleh Snapdragon 8cx Gen 3 untuk mencapai kecepatan secepat kilat hingga 10 Gbps.

Snapdraon 8cx Gen 3 juga dilengkapi Qualcomm FastConnect 6900 untuk mengaktifkan kecepatan Wi-Fi 6/6E tercepat yang tersedia - dengan Wi-Fi Dual Station, yang dikembangkan dengan bekerja sama dengan Microsoft untuk Windows 11, memanfaatkan teknologi Qualcomm 4-stream Dual Band Simultaneous.

Perangkat yang ditenagai oleh 8cx Gen 3 juga dengan mulus beralih antara jaringan Wi-Fi 6/6E dan 5G atau 4G LTE. Dikombinasikan dengan efisiensi komputasi Snapdragon terdepan, kemampuan Always Connected ini juga memungkinkan perangkat pengguna untuk tetap Always On. Ini berarti perangkat mereka dapat tetap up to date dan langsung aktif, tersedia dengan satu sentuhan tombol, hampir tanpa waktu menyala atau wakeup time.

Snapdragon 8cx Gen 3 turut membawa inovasi kemampuan video dan audio, memberikan visual yang tajam dan audio yang jernih di laptop. Memanfaatkan Qualcomm Spectra ISP dengan waktu pengaktifan kamera yang lebih baik, pengguna dapat memulai konferensi video hingga 15% lebih cepat dibandingkan dengan generasi sebelumnya.

Snapdragon 8cx Gen 3 menghadirkan 3A generasi terbaru -Auto focus, White Balance, dan Auto Exposure- sehingga panggilan dengan Teams atau Zoom akan mengadaptasi gerakan pengguna dan pengaturan pencahayaan dengan video berkualitas tinggi. Snapdragon 8cx Gen 3 memungkinkan audio yang jernih di hampir semua suasana, dengan teknologi Qualcomm Noise and Echo Cancellation - bagian dari Qualcomm Voice Suite.

Snapdragon 8cx Gen 3Snapdragon 8cx Gen 3 Foto: Qualcomm

Fitur tersebut ditingkatkan melalui akselerasi AI untuk meningkatkan kejernihan dan kualitas audio pengguna. Itu berarti laptop pengguna dapat menghapus suara latar yang tidak diinginkan seperti anjing menggonggong atau tetangga memotong rumput halaman mereka. Snapdragon 8cx Gen 3 juga mendukung kualitas kamera hingga 4K HDR, dan hingga 4 kamera untuk kasus penggunaan baru.

Selain mengaktifkan fitur sehari-hari yang dapat diandalkan pengguna, kemampuan AI dihadirkan untuk mendukung pengoptimalan daya utama untuk beban kerja AI. Snapdragon 8cx Gen 3 menghadirkan 29+ TOPS akselerasi AI yang luar biasa, hampir 3X lipat dari platform kompetitif terkemuka, membantu pengguna merasakan pengalaman AI yang lebih baik.

Dengan adopsi cepat kemampuan AI untuk mempercepat pengalaman aplikasi, pengguna akan merasakan keamanan yang lebih canggih, penggunaan baru yang modern, dan pengalaman yang diperkaya. Misalnya, keseimbangan kinerja dan efisiensi Qualcomm AI Engine yang luar biasa memungkinkan Microsoft menyediakan deteksi dan segmentasi wajah yang lebih akurat, untuk kasus penggunaan seperti latar belakang buram, tanpa memengaruhi respons sistem.

Snapdragon 8cx Gen 3 dirancang untuk menghadirkan keamanan dari cip ke cloud. Selain proses Secure Boot berlapis tingkat chipset dan keamanan konektivitas seluler, 8cx Gen 3 terus mengaktifkan Microsoft Secured-core PC untuk perlindungan tingkat tinggi di luar kotak.

Snapdragon 8cx Gen 3Snapdragon 8cx Gen 3 Foto: Qualcomm

Untuk sistem terkelola di segmen perusahaan atau pendidikan, Qualcomm Secure Processing Unit (SPU) mengimplementasikan Microsoft Pluton TPM untuk Windows 11 dan juga dapat membantu menyimpan data sensitif seperti kredensial, data pribadi, dan kunci enkripsi secara aman langsung di SoC.

Chip Snapdragon 8cx Gen 3 juga memperkenalkan kerangka kerja keamanan kamera yang mendukung login wajah Windows Hello dan prosesor Computer Vision khusus untuk autentikasi berkelanjutan yang membantu memastikan perangkat pengguna terkunci secara otomatis saat mereka meninggalkan perangkat mereka. 8cx Gen 3 juga memperkenalkan enkripsi memori runtime, sementara kerangka kerja Zero Trust dapat menggunakan lebih banyak sensor dan pemantauan kesehatan koneksi untuk mengaktifkan otentikasi akses real-time ke sumber daya perusahaan.

Snapdragon 7c+ Gen 3

Snapdragon 8cx Gen 3Snapdragon 7c+ Gen 3 Foto: Qualcomm

Snapdragon 7c+ Gen 3 dibuat khusus untuk pengguna di seluruh ekosistem PC dan Chromebook. Dibuat dengan fabrikasi 6nm, menghadirkan kinerja CPU hingga 40% lebih cepat dan kinerja grafis 35% lebih baik daripada generasi sebelumnya.

Qualcomm AI Engine memungkinkan pengalaman yang dipercepat AI melalui kinerja 6,5 TOPS, yang belum ada sebelumnya di tingkat pemula. Snapdragon 7c+ Gen 3 juga memperkenalkan konektivitas 5G yang sangat cepat untuk pertama kalinya dalam platform level pemula, meningkatkan standar konektivitas yang dapat diakses oleh pengguna perangkat yang terjangkau.

Sistem Snapdragon X53 5G Modem-RF terintegrasi mendukung 5G sub-6 dan mmWave- memungkinkan kecepatan pengunduhan hingga 3,7 Gbps. Penambahan FastConnect 6700 menghadirkan Wi-Fi 6 dan 6E multi-gigabit dengan kecepatan hingga 2,9 Gbps. Teknologi konektivitas yang ditingkatkan di Snapdragon 7c+ Gen 3 akan memungkinkan laptop selalu terhubung dengan cepat, canggih, dan efisien untuk PC Windows dan Chromebook level pemula.



Simak Video "MacBook Pro Terbaru Dipersenjatai M1 Pro dan M1 Max, Apa Bedanya?"
[Gambas:Video 20detik]
(afr/afr)