Snapdragon 8 Gen 1 Lebih Ngebut 20% dari Snapdragon 888

Snapdragon 8 Gen 1 Lebih Ngebut 20% dari Snapdragon 888

Adi Fida Rahman - detikInet
Rabu, 01 Des 2021 08:44 WIB
Snapdrgaon 8 Gen 1
Snapdragon 8 Gen 1. Foto: Qualcomm
Jakarta -

Snapdragon 8 Gen 1 resmi diperkenalkan. Qualcomm sesumbar chipset flagship terbarunya ini lebih ngebut dari Snapdragon 888.

Snapdragon 8 Gen 1 merupakan chipset pertama Qualcomm yang dibuat dengan fabrikasi 4nm. Tentunya ini memberikan peningkatan kinerja dan efisiensi dibandingkan pendahulunya yang memiliki fabrikasi 5nm.

CPU masih menerapkan desain tiga cluster, namun menggunakan ARMv9. Inti utamanya Cortex-X2 yang berjalan pada 3.0GHz. Lalu ada tiga core Cortex-A710 dengan kecepatan 2,5GHz, serta empat core Cortex A510 berkecepatan 1,8 GHz.

Qualcomm mengklaim kinerja CPU mengalami peningkatan 20% dan mampu melakukan penghematan daya sebanyak 30% dibandingkan Snapdragon 888.

Meski tidak disebutkan nomornya, Snapdragon 8 Gen 1 membawa GPU Adreno baru yang turut menawarkan peningkatan kinerja. Perusahaan chip asal San Diego itu menjanjikan peningkatan grafis hingga 30% dan efisiensi daya 25%.

Snapdragon 8 Gen 1Snapdragon 8 Gen 1 Foto: Qualcomm

Qualcomm mengatakan GPU baru ini dapat mendukung layar refresh rate hingga 144Hz pada resolusi QHD+. Seiring dengan semakin populernya game mobile, Snapdragon 8 Gen 1 juga memperkenalkan tiga fitur gaming elit baru yang bertujuan untuk menghasilkan kinerja tingkat desktop di ponsel.

Diberikan Adreno Frame Motion Engine memungkinkan GPU untuk membuat game dengan frame rate dua kali lipat namun menggunakan jumlah daya yang sama. Atau, fitur ini dapat menjaga FPS tetap sama saat memotong daya hingga setengahnya.

Fitur baru lainnya adalah rendering volumetrik kelas desktop. Rendering volumetrik digunakan untuk efek pencahayaan yang dramatis, misalnya ray of light.

Selain itu terdapat Variable Rate Shading (VRS) Pro. Adanya VRS berbasis gambar bertujuan untuk memberikan kinerja yang lebih halus dan detail yang lebih kuat.

Snapdragon 8 Gen 1Snapdragon 8 Gen 1 Foto: Qualcomm

Chip baru ini akan membawa peningkatan signifikan pada konektivitas, meskipun peningkatan kecepatan yang sebenarnya akan sangat bergantung pada apakah jaringan di sekitar pengguna juga memiliki kecepatan yang ngebut.

Snapdragon 8 Gen 1 dilengkapi dengan modem X65 5G terintegrasi, yang mendukung sub-6 dan mmWave, menjanjikan kecepatan hingga 10 Gbps. Kecepatan Wi-Fi 6 dan 6E juga ditingkatkan, Qualcomm menjanjikan kecepatan yang dihadirkan hingga 3,6 Gbps.

Soal kamera,Qualcomm menyertakan tiga ISP. Untuk pertama kalinya mengadopsi teknologi 18-bit meningkat dari 14-bit sebelumnya. Ini mampu menangkap lebih dari 4000x lebih banyak data kamera dari pada pendahulunya untuk rentang dinamis, warna, dan ketajaman yang yang sangat baik dengan kecepatan hingga 3,2 gigapiksel per detik.

Artinya ponsel dengan Snapdragon 8 Gen 1 dapat memotret gambar 108MP tanpa jeda shutter atau memasangkan tiga kamera 36MP untuk pengambilan gambar 30fps tanpa jeda shutter. Bahkan menangkap 140 foto 12 MP dalam satu detik.

Semua yang di atas terdengar sangat menjanjikan. Namun kita harus menunggu sampai mendapatkan perangkat yang ditenagai Snapdragon 8 Gen 1 keluar sehingga bisa membuktikan klaim dari Qualcomm.



Simak Video "Miliarder Mukesh Ambani Gandeng Qualcomm Garap 5G di India"
[Gambas:Video 20detik]
(afr/afr)