Razer Bakal Kolaborasi dengan Qualcomm Bikin Konsol Mini

ADVERTISEMENT

Razer Bakal Kolaborasi dengan Qualcomm Bikin Konsol Mini

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Rabu, 01 Des 2021 12:42 WIB
Qualcomm
Razer Bakal Kolaborasi dengan Qualcomm Bikin Konsol Mini (Foto: Agus Tri Haryanto/detikINET)
Jakarta -

Qualcomm disebut bakal berkolaborasi dengan Razer untuk membuat konsol mini atau handheld, menggunakan prosesor Snapdragon G3X.

Dalam bocoran slide presentasi dari VideoCardz terlihat ada perangkat bernama Snapdragon G3X Handheld Developer Kit, yang tampaknya bakal ditujukan untuk pengembang software dan pembuat konsol untuk mengembangkan software dan hardware untuk teknologi game mobile tersebut.

Dalam bocoran tersebut juga berisi slide presentasi terkait prosesor baru Qualcomm, yaitu Snapdragon 8 Gen 1 yang saat ini sudah dirilis. Tampaknya bocoran itu akurat karena sesuai dengan presentasi resminya, yaitu 20% lebih kencang dan 30% lebih efisien.

Spek lain soal konsol handheld tersebut adalah adanya port USB-C untuk aksesoris XR yang mendukung DisplayPort, baterai 6.000 mAh, webcam 1080p, dan haptic serta ergonomi yang sangat baik.

Layar yang dipakai bertipe OLED dengan refresh rate 120Hz dan mendukung HDR. Koneksi wirelessnya termasuk 5G mmWave, WiFi 6E, dan Bluetooth 5.2. Perangkat ini pun bakal mendukung cloud gaming seperti xCloud.

Qualcomm sendiri bukan pertama kalinya membuat perangkat seperti ini, yang didesain untuk mendukung pengembangan di platform buatan mereka. Contohnya Windows on Arm PC yang dirilis pada awal 2021, yang ditujukan untuk menyediakan perangkat pengembangan aplikasi Arm untuk PC berbasis Snapdragon.

Tampaknya platform gaming handheld ini ditujukan untuk menjadi pesaing Steam Deck besutan Valve, yang merupakan konsol handheld berbasis PC yang menggunakan OS Linux serta memakai prosesor AMD.

Namun Valve bukan satu-satunya perusahaan yang menggarap perangkat gaming di form factor ini. Karena ada juga pabrikan seperti Lenovo dan Alienware yang sudah memamerkan prototipe mereka.

Sepertinya perangkat ini bakal diumumkan secara resmi di Snapdragon Tech Summit yang saat ini tengah digelar di Hawaii.



Simak Video "Qualcomm Akan Dijajaki untuk Smart City di IKN"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT