Huawei Mau Bikin Ponsel Lipat Ala Galaxy Z Flip

Huawei Mau Bikin Ponsel Lipat Ala Galaxy Z Flip

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Selasa, 30 Nov 2021 14:42 WIB
Ponsel lipat Huawei
Foto: Weibo
Jakarta -

Meski masih terkena sanksi dari Amerika Serikat Huawei ternyata terus mengembangkan ponsel lipatnya.

Sejauh ini mereka sudah punya beberapa seri ponsel lipat, dari mulai seri Mate X, Mate Xs, dan yang terbaru adalah Mate X2 yang dirilis pada Februari 2021 lalu. Nah, ke depannya, Huawei masih akan merilis ponsel lipat lain, namun dengan desain yang berbeda.

Jika ponsel lipat yang sebelumnya menggunakan desain ala Samsung Galaxy Z Fold, di mana ponsel akan berubah mirip tablet saat dibuka, maka yang selanjutnya akan memakai desain ala Galaxy Z Flip, yaitu berdesain clamshell.

Berdasarkan sebuah postingan di Weibo, ponsel lipat Huawei baru itu menggunakan engsel dari Zhaoli Technology, yang sudah dikembangkan sejak lama. Memang nama Huawei tak disebutkan dalam postingan tersebut, namun Huawei lah yang kemungkinan besar bakal memakai engsel baru itu.

Engsel ini menggunakan komponen yang lebih sedikit dan membuatnya lebih murah. Komponen yang lebih sedikit itu membuatnya lebih mudah diproduksi, dan ketahanannya lebih baik dibanding yang sebelumnya sudah ada.

Dalam postingan itu pun ada gambar render dari ponsel yang dimaksud. Dari gambar render terlihat kalau ukuran layarnya sekitar 6,7 inch saat terbuka, layaknya kebanyakan ponsel flagship saat ini.

Belum ada bocoran spesifikasi soal ponsel lipat tersebut, namun baru-baru ini Huawei akhirnya mendapat izin untuk bisa membeli Snapdragon 888 dari Qualcomm untuk seri flagship P50. Mungkin chip ini juga yang bakal dipakai di ponsel lipat terbarunya itu.

Huawei mendapat izin untuk bisa membeli Snapdragon 888 tersebut dengan satu syarat, yaitu tidak ada modem 5G di dalam system on a chipnya, demikian dikutip detikINET dari Phone Arena, Selasa (30/11/2021).

Mate X2 yang dirilis pada Februari lalu masih bisa menggunakan chip Kirin 9000, yang merupakan chip Kirin terakhir yang masih bisa diproduksi menggunakan teknologi asal AS.

Layarnya berukuran 6,45 inch saat dilipat dengan resolusi 1160 x 2700 pixel dan punya refresh rate 90Hz. Saat dibuka, layarnya menjadi 8 inch dengan resolusi 2200 x 2480 pixel, juga dengan refresh rate 90Hz.



Simak Video "Huawei Curhat Pendapatannya Menurun di 2021"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fay)