Ini Dia Versi Android Terpopuler

Ini Dia Versi Android Terpopuler

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Selasa, 23 Nov 2021 15:41 WIB
Android 12
Android 12. Foto: dok Google
Jakarta -

Google kembali merilis data distribusi sistem operasi Android yang sempat mereka setop pada 2018 lalu. Jadi, apa versi Android yang paling banyak dipakai saat ini?

Sebelum 2018, Google setiap bulannya merilis data distribusi Android yang aktif. Data tersebut berbasis pada perangkat Android yang mengakses Play Store selama periode tujuh hari.

Data tersebut kemudian diolah menjadi grafik, yang menunjukkan versi Android yang paling banyak dipakai di ponsel saat itu. Namun kemudian Google berhenti memberikan data ini, karena hanya akan memperlihatkan masalah fragmentasi yang selalu terjadi sejak dulu.

Ternyata, hanya sedikit ponsel Android yang memakai sistem operasi versi paling baru, demikian dikutip detikINET dari Phone Arena, Selasa (23/11/2021).

Namun kini Google kembali merilis data tersebut, di mana terlihat kalau Android 11 kini aktif di 24,2% perangkat Android yang aktif di dunia. Namun versi yang paling populer saat ini adalah Android 10, dengan persentase sebesar 26,5%. Belum ada data dari Android 12 dalam daftar ini.

Versi Android paling populer ke-3 saat ini adalah Android 9, dengan persentase sebesar 18,2%, dan di bawahnya ada Android 8.1 Oreo dengan pangsa pasar sebesar 13,7%.

Berturut-turut di bawahnya ada Android Nougat, Marshmallow, Lollipop, KitKat, dan Jelly Bean. Menariknya, Android 6 Marshmallow malah lebih populer dibanding Android 7.1 Nougat.

Masalah fragmentasi di Android ini memang masih terjadi sejak bertahun-tahun lalu, meski sudah jauh lebih baik. Namun tetap saja, Android 12 yang tersedia di ponsel Samsung misalnya, waktu kehadirannya bakal berbeda dengan dibanding Android 12 yang ada di ponsel merek lain.

Berbeda dengan iOS, yang sistem operasi dan ponselnya dibuat oleh perusahaan yang sama. Jadi Apple punya kontrol yang lebih baik terhadap ketersediaan pembaruan sistem operasi untuk perangkat-perangkat yang mereka buat.



Simak Video "Google Akan Berikan Pelatihan IT Gratis untuk 10 Ribu Orang"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fay)