Apple Jajal Layar 120Hz untuk iPad Mini

Apple Jajal Layar 120Hz untuk iPad Mini

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Rabu, 10 Nov 2021 10:15 WIB
ipad mini 6
iPad Mini 6. Foto: Apple
Jakarta -

Apple dikabarkan tengah menjajal layar 120Hz ProMotion untuk iPad Mini generasi selanjutnya, berdasarkan bocoran yang beredar di forum Korea.

Panel berukuran 8,3 inch itu kabarnya diproduksi oleh Samsung Display, namun tak dijelaskan apakah akan memakai teknologi mini LED seperti jajaran iPad Pro dan MacBook Pro yang baru.

Namun selain layar ProMotion, spesifikasi iPad Mini itu kabarnya tak akan berubah dibanding iPad Mini 6 yang baru dirilis. Yaitu A15 Bionic sebagai otaknya, dan dipasangkan dengan RAM 4GB dan storage 64GB untuk varian termurah. Namun tentunya harga akan lebih tinggi dibanding iPad Mini 6.

iPad Mini 6 belakangan ini dikritik karena layarnya menampilkan efek jelly scroll saat dipakai secara vertikal. Yaitu menampilkan garis yang bergelombang layaknya jelly, demikian dikutip detikINET dari GSM Arena, Rabu (10/11/2021).

Efek 'jelly scroll' di iPad Mini 6 ini dijelaskan oleh iFixit saat membongkar salah satu iPad terbaru tersebut. Efek ini bukanlah hal baru, dan ada hubungannya dengan orientasi papan controller yang ada dalam perangkat.

Artinya, efek ini tak selalu muncul, tergantung orientasi layar saat tablet digunakan. Penyebabnya adalah layar akan 'memperbarui' tampilan (refresh rate) dari satu sisi ke sisi satunya.

Apple sendiri menyebut masalah ini adalah hal yang normal, dan menurut spekulasi iFixit, hal tersebut terjadi karena Apple menggunakan panel layar yang lebih murah ketimbang biasanya. Jadi pergantian gambar pada layar menjadi lebih terlihat dibanding biasanya.

Hanya saja, kabar iPad Mini baru ini pun sebenarnya meragukan jika melihat sejarah, yaitu Apple yang memang jarang merilis iPad varian ini. Misalnya iPad Mini 5 yang dirilis pada 2019 baru diperbarui dengan iPad Mini 6 pada 2021.

iPad Mini 6 sendiri membawa peningkatan yang cukup signifikan dibanding pendahulunya. Seperti layar yang lebih besar (7,9 inch menjadi 8,3 inch) dengan ukuran bodi yang sama.

Lalu untuk varian seluler, iPad Mini 6 juga mendukung koneksi 5G meski hanya sub-6 dan bukan mmWave. Otaknya pun tentu lebih kekinian, yaitu A15 Bionic seperti iPhone 13, naik dari A12 Bionic yang dipakai di iPad Mini 5.



Simak Video "Wujud iPad Mini 6 yang Kini Pakai Port USB-C"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/asj)