Sensor Sidik Jari Pixel 6 Lemot, Ini Kata Google

ADVERTISEMENT

Sensor Sidik Jari Pixel 6 Lemot, Ini Kata Google

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Rabu, 10 Nov 2021 06:45 WIB
Google Pixel 6
Google Pixel 6 Foto: dok Google
Jakarta -

Salah satu hal yang banyak dikritik dari Pixel 6 dan 6 Pro adalah sensor sidik jarinya yang lambat. Google pun angkat bicara mengenai masalah ini.

Ada yang menganggap hal ini terjadi karena Google menggunakan teknologi yang jadul, yaitu menggunakan sensor optical dan bukan sensor ultrasonik, demikian dikutip detikINET dari The Verge, Selasa (9/11/2021)

Ada juga yang menganggap kalau sensor optical ini berkualitas rendah, karena ada banyak ponsel flagship lain yang memakai sensor optical namun tetap bisa mendeteksi sidik jari dengan cepat.

Namun menurut Google, lambatnya pengenalan sidik jari di Pixel 6 ini bukan terjadi karena hal tersebut. Lewat akun Twitter @madebygoogle, mereka menjawab keluhan seorang pengguna mengenai lambatnya sensor sidik jari tersebut.

Google menyebut hal tersebut terjadi karena algoritma keamanan yang lebih tinggi di sensor sidik jari Pixel 6. Menurut mereka, teknologi membuat sensor butuh waktu lebih lama untuk mengenali sidik jari, juga membutuhkan kontak lebih besar dengan jari penggunanya.



Lewat postingan itu pun Google memberikan tautan ke laman dukungan Google, yang tak banyak membantu menjelaskan masalah tersebut, kecuali menyarankan pengguna harus memastikan jarinya bersih sebelum memakai sensor sidik jari tersebut, dan memastikan kalau mereka memakai jari yang sidik jarinya sudah didaftarkan sebelumnya.

Postingan itu pun diramaikan oleh banyak balasan dari pengguna yang lain. Kebanyakan dari mereka menyebut kalau itu terjadi karena masalah hardware, yaitu pemakaian sensor optical dan bukan ultrasonik seperti di Galaxy S21.

Sementara itu di Reddit, banyak pengguna yang membandingkan sensor sidik jari optical di Pixel 6 dengan ponsel lain, seperti OnePlus, yang tetap bisa mengenali sidik jari dengan cepat.

Namun yang jelas, sensor sidik jari di Pixel 6 ini terintegrasi dengan motherboard ponsel. Artinya, jika sensor sidik jari itu memang bermasalah, perbaikannya tentu akan sangat sulit, kecuali mengganti motherboardnya.



Simak Video "Pengumuman! Google Rilis Pixel 6 pada 19 Oktober"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/asj)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT