iPhone X dengan Port USB-C Ditawar Rp 1,4 Miliar

iPhone X dengan Port USB-C Ditawar Rp 1,4 Miliar

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Sabtu, 06 Nov 2021 06:15 WIB
FILE PHOTO: An attendee uses a new iPhone X during a presentation for the media in Beijing, China October 31, 2017. REUTERS/Thomas Peter/File Photo
Ilustrasi iPhone Foto: Thomas Peter/Reuters
Jakarta -

Sebuah iPhone X yang port chargernya sudah dimodifikasi menjadi USB-C saat ini sedang dilelang di eBay dan tawaran tertingginya sudah mencapai USD 100 ribu atau sekitar Rp 1,4 miliar.

Pillonel memajang iPhone X 64GB modifikasi itu di eBay pada 1 November lalu, dan sejauh ini sudah ada 170 penawar dengan tawaran tertinggi sebesar USD 100 ribu. Sayangnya daftar penawarnya tidak bisa dilihat oleh publik, sehingga tak bisa dilihat apakah penawarnya itu benar-benar asli dan bukan akun spam.

Pelelangan itu sendiri dibuka selama enam hari sejak 1 November lalu. Oh ya, Pillonel melarang pemenang untuk melakukan restore, update, atau menghapus data yang ada di iPhone.

Ia pun tidak menyarankan memakai iPhone X modifikasi itu sebagai ponsel utama, dan juga membongkar jeroannya, demikian dikutip detikINET dari Techspot, Sabtu (6/11/2021).

Pillonel memberikan garansi kalau iPhone itu bakal berfungsi saat diterima, namun ia tak menjamin kelangsungan hidup iPhone tersebut ke depannya.

iPhone X dengan USB-C itu merupakan ciptaan Ken Pillonel, seorang mahasiswa robotika yang sedang menempuh pendidikan master di Swiss Federal Institue of Technology (EPFL). Pillonel memamerkan iPhone unik ciptaannya lewat video di YouTube berjudul 'World's First USB-C iPhone'.

Pillonel melakukan reverse engineering terhadap konektor C94 yang dipakai Apple di sejumlah iPhone generasi baru, iPhone X salah satunya. Generasi iPhone sebelumnya menggunakan konektor C91, yang meski sama-sama menggunakan port Lightning namun tak mendukung standar Power Delivery.

Lewat postingan blognya, Pillonel mengatakan ia merekayasa balik konektor C94 custom milik Apple, dan menciptakan desain PCB fleksibel yang bisa dimasukkan ke dalam iPhone. Pilonel mengatakan ia akan mengunggah video kedua yang menjelaskan proses modifikasinya dengan lebih detail.

Dalam video singkat tersebut, Pillonel memperlihatkan iPhone X hasil modifikasinya berhasil mengisi ulang baterai menggunakan USB-C. iPhone itu juga bisa terhubung ke Mac dan mentransfer data.

[Gambas:Youtube]





Simak Video "Perangkat Elektronik Daya Kabel Wajib Gunakan USB-C"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/afr)