Canggih! Mahasiswa Ini Berhasil Pasang USB-C di iPhone X

Canggih! Mahasiswa Ini Berhasil Pasang USB-C di iPhone X

Virgina Maulita Putri - detikInet
Jumat, 15 Okt 2021 12:10 WIB
Peyton, Colorado, USA  - March 22, 2018: An iPhone 6s Plus plugged in to a charging cable rests on a clean washcloth next to the faucet on the side of a bathtub.
Canggih! Mahasiswa Ini Berhasil Pasang USB-C di iPhone X Foto: Getty Images/iStock
Jakarta -

Meski telah lama dirumorkan, Apple masih belum meluncurkan iPhone dengan USB-C. Tapi hal itu tidak menghentikan seorang mahasiswa untuk menggantikan port Ligtning di iPhone X dengan USB-C.

iPhone X dengan USB-C itu merupakan ciptaan Ken Pillonel, seorang mahasiswa robotika yang sedang menempuh pendidikan master di Swiss Federal Institue of Technology (EPFL). Pillonel memamerkan iPhone unik ciptaannya lewat video di YouTube berjudul 'World's First USB-C iPhone'.

Pillonel mengatakan ia sudah melakukan proyek ini selama berbulan-bulan. Pillonel awalnya sudah menciptakan prototipe sederhana pada bulan Mei yang memungkinkan baterai iPhone untuk diisi ulang lewat port USB-C, tapi konsep ini terlalu besar untuk dimasukkan ke dalam iPhone.

Lewat postingan blognya, Pillonel mengatakan ia merekayasa balik konektor C94 custom milik Apple, dan menciptakan desain PCB fleksibel yang bisa dimasukkan ke dalam iPhone. Pilonel mengatakan ia akan mengunggah video kedua yang menjelaskan proses modifikasinya dengan lebih detail.

Dalam video singkat tersebut, Pillonel memperlihatkan iPhone X hasil modifikasinya berhasil mengisi ulang baterai menggunakan USB-C. iPhone itu juga bisa terhubung ke Mac dan mentransfer data.

"Motivasi di balik proyek ini sederhana. Saya hanya ingin iPhone dengan USB Type-C. Kenapa? Karena semua perangkat yang saya punya memiliki USB Type-C sehingga akan cukup keren untuk mengubah iPhone," kata Pillonel dalam blognya, seperti dikutip dari The Verge, Jumat (15/10/2021).

[Gambas:Youtube]




Demonstrasi ini menunjukkan bahwa Apple sebenarnya bisa merilis iPhone dengan USB-C. Apple belakangan ini juga telah menghadirkan iPad dan MacBook dengan USB-C, tapi fitur ini belum juga merambah iPhone.

Apple sendiri bisa dipaksa merilis iPhone dengan USB-C di Eropa berkat aturan baru yang ditetapkan Komisi Eropa. Aturan itu mengharuskan vendor ponsel dan alat elektronik untuk menggunakan USB-C di perangkatnya demi mengurangi sampah elektronik.

Tidak diketahui apakah Pillonel akan merilis detail PCB custom-nya agar pengguna iPhone lain bisa meniru modifikasi ini. Tapi untuk pengguna awam sebaiknya tidak meniru cara modifikasi Pillonel karena selain rumit, modifikasi ini juga akan membatalkan garansi iPhone.

Ini bukan pertama kalinya Pillonel memanfaatkan pengetahuan dan bakatnya untuk memodifikasi ponsel. Sebelumnya ia memodifikasi dudukan mobile untuk Samsung Galaxy Fold, dan merilis mod yang dicetak secara 3D yang memungkinkan Xiaomi Mi Wireless Car Charger untuk mengisi ulang daya Galaxy Fold.



Simak Video "Bocoran iPhone SE 3, Lini Produk Anyar Termurahnya Apple"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)