Samsung Galaxy Z Fold 3 & Flip 3 Made in Cikarang Demi TKDN 5G

Samsung Galaxy Z Fold 3 & Flip 3 Made in Cikarang Demi TKDN 5G

Adi Fida Rahman - detikInet
Jumat, 29 Okt 2021 21:16 WIB
Samsung Galaxy Z Filp 3
Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Jakarta -

Kebijakan TKDN 5G sebesar 35% baru akan berlaku pada April 2022, meski begitu Samsung Electronics Indonesia (SEIN) sudah ancang-ancang kaki dari sekarang. Sebagai bukti Galaxy Z Fold 3 dan Z Flip 3 kini sudah made in Cikarang.

Taufiqul Furqan, Product Marketing Manager Samsung Mobile SEIN, mengatakan awalnya Galaxy Z Fold 3 dan Z Flip 3 diimpor dari luar. Kedua ponsel tersebut menggunakan TKDN software agar mendapat restu dari Kementerian Perindustrian.

Namun karena pemerintah memutuskan untuk menaikkan kadar TKDN perangkat 4G dan 5G di tahun depan, dari sebelumnya 30% menjadi 35%, Samsung pun memutuskan untuk memproduksi Galaxy Z Fold 3 dan Z Flip 3 di pabrik Samsung di Cikarang.

"Jadi ini adalah salah satu persiapan kami untuk memenuhi TKDN 35%," kata Taufiq saat acara Galaxy Z Flip 3 Media Workshop, Jakarta, Jumat (29/10/2021).

Kendati dibuat di Cikarang, dia menjamin kualitas Galaxy Z Fold 3 maupun Z Flip 3 sama bagusnya dengan bikinan pabrik Samsung di Korea Selatan maupun Vietnam.

Sayang tidak disebutkan berapa kapasitas produksi dalam membuat kedua ponsel tersebut. Taufiq hanya memastikan semua hasil produksi pabrik di Cikarang untuk memenuhi kebutuhan di Indonesia.

Terkait langkanya sejumlah varian Galaxy Z Flip 3 di toko-toko, Taufiq tidak menampiknya. Dia mengatakan beberapa warna yang tinggi peminatnya, salah satunya ungu.

"Agar konsumen bisa mendapatkan Galaxy Z Flip 3 idamannya bisa mengaktifkan notifikasi di Samsung.com. Begitu sudah ready, akan mendapatkan pemberitahuan," pungkas Taufiq.



Simak Video "Menggenggam Mewahnya Samsung Galaxy Z Fold3 5G!"
[Gambas:Video 20detik]
(afr/fay)