Android 12L Tawarkan Peningkatan Besar untuk HP Foldable

Android 12L Tawarkan Peningkatan Besar untuk HP Foldable

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Jumat, 29 Okt 2021 06:47 WIB
Android 12.1
Foto: XDA Developers
Jakarta -

Pada ajang Android Dev Summit 2021, Google memastikan akan memberi pembaruan sistem operasi khusus perangkat yang punya layar besar, baik itu tablet maupun foldable.

Pembaruan tersebut diberi nama Android 12L, yang dijanjikan akan membuat Android 12 berjalan lebih lancar di perangkat dengan layar besar. Pada Android versi ini, tampilan antarmuka Android dioptimasi untuk penggunaan layar besar.

Misalnya penempatan tombol akses home screen, lock screen, notifikasi, Quick Setting, dan lainnya. Google juga menyatakan perangkat dengan kepadatan pixel di atas 600 akan menampilkan layout dengan dua kolom untuk memaksimalkan ukuran layar.

Misalnya, menu Quick Settings akan ditampilkan pada bagian kiri layar sementara panel notifikasi akan dikunci di bagian kanan layar. Jadi pengguna bisa mengakses dua menu ini sekaligus, demikian dikutip detikINET dari The Verge, Kamis (28/10/2021).

Android 12L juga memperkenalkan taskbar baru yang membuat pengguna bisa dengan mudah berpindah antar aplikasi dan juga memudahkan mereka membuka aplikasi dalam mode split screen. Menurut Google, fitur split screen ini bisa dipakai di semua aplikasi, bahkan di aplikasi yang ukuran windownya tidak bisa diatur manual.

Pembaruan sistem operasi ini memang baru akan tersedia mulai awal 2022 mendatang. Namun fitur-fiturnya sudah bisa dijajal di laman developer preview untuk Android 12L.

Di laman itu anda bisa mengunduh emulator Android 12L untuk menjajalnya. Google pun mengaku bekerja sama dengan para rekan OEM untuk memberikan pembaruan 12L, termasuk developer preview 12L di Lenovo P12 Pro.

Perilisan Android 12L ini tampaknya diambil Google karena semakin banyak ponsel foldable yang ada di pasaran. Atau mungkin juga karena Google bakal merilis ponsel foldable di masa yang akan datang.



Simak Video "Twitter Stop Auto Refresh Agar Bacaan Pengguna Tidak Mudah 'Hilang'"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/afr)