Kamera OPPO Find X3 Pro 5G Hasilkan Film Pendek 'Dedari', Penasaran?

Kamera OPPO Find X3 Pro 5G Hasilkan Film Pendek 'Dedari', Penasaran?

Alfi Kholisdinuka - detikInet
Kamis, 28 Okt 2021 21:00 WIB
Kamera OPPO Find X3 Pro 5G Hasilkan Film Pendek Dedari, Penasaran?
Foto: Dok. OPPO
Jakarta -

Sutradara kondang Jay Subiyakto memanfaatkan OPPO Find X3 Pro 5G untuk membuat film pendek dalam proyek terbarunya. Proses pengambilan gambar pada film pendek bertajuk 'Dedari' tersebut seluruhnya menggunakan kamera OPPO Find X3 Pro 5G.

Jay membuktikan kecanggihan fitur-fitur pada smartphone terkini hasil kolaborasi dengan OPPO CineFinders mampu menghasilkan sebuah karya yang bernilai magis. Terlebih film pendek Dedari tersebut mengangkat budaya asli Bali.

Jay pun menceritakan tarian Sanghyang Dedari asal Pulau Dewata pada film besutannya ini tergolong sakral dan dianggap sebagai tarian penolak bala atau wabah penyakit. Bahkan, semua adegan di dalam film pun bukan acting, tetapi real tarian Sang Hyang Dedari yang sebenarnya.

Sinopsis Dedari sendiri bercerita tentang Indonesia memiliki beragam kearifan lokal untuk mencegah atau melawan wabah. Ritual ini bukan hanya mantra dan doa tapi berupa tarian dan syair yang masih dilestarikan sampai sekarang.

Kamera OPPO Find X3 Pro 5G Hasilkan Film Pendek 'Dedari'Foto: Dok. OPPO

Selain itu, Tari Sang Hyang Dedari memadukan tari dan kidung untuk mengusir bala dan memohon perlindungan dewata. Tarian ini sangat berhubungan dengan apa yang terjadi saat ini di dunia, sebuah pagebluk yang meluluhlantakkan kehidupan manusia.

"Pandemi ini merupakan jawaban alam atas kerakusan manusia, hanya dengan menyucikan hati, alam dan ilmu maka semua rintangan ini bisa dilewati bersama," ujar Jay dalam keterangan tertulis, Kamis (28/10/2021).

Untuk diketahui, film Dedari ini nantinya dapat disimak di YouTube OPPO Indonesia pada 29 Oktober 2021. Sekadar informasi, penggagas film ini lahir di Ankara, Turki. Jay telah menyutradarai puluhan video musik, konser musik, program siaran langsung televisi, peragaan busana dan iklan televisi sejak 1989. Tahun 2012, ia terpilih sebagai Tokoh Seni 2011 pilihan Majalah Tempo. Sementara, pada 2017 film Banda the Gark Forgotten Trail meraih piala maya dan nominasi film dokumenter terbaik FFI 2017.

Jay Subiyakto pun mengaku figur OPPO Find X3 Pro 5G yang kecil dan ringan, beserta fitur-fitur andalannya dinilai sangat membantunya dalam menangkap objek bergerak dengan fokus yang cepat dan memungkinkan mengambil gambar dari sudut pandang yang lebih beragam.

Kamera OPPO Find X3 Pro 5G Hasilkan Film Pendek 'Dedari', Penasaran?Foto: Dok. OPPO

Menurutnya, ketika harus mengambil momen yang diinginkan dalam proses tarian sakral Sang Hyang Dedari dalam 1 kali take, dirinya hanya menggunakan lima unit OPPO Find X3 Pro 5G sekaligus untuk stok gambar. Hasilnya, sangat mengagumkan karena kelimanya menunjukkan keakuratan warna yang sama, sebuah keunggulan dari fitur 1 Billion Colour.

"Sebagai seorang seniman, sangatlah penting untuk menghasilkan karya yang otentik dan melalui kolaborasi bersama OPPO Find X3 Pro 5G ini saya harapkan dapat menginspirasi para pembuat film pemula maupun profesional lainnya menghadirkan maha karya yang dapat menerjemahkan karakteristik mereka," jelasnya.

Halaman selanjutnya: Fitur canggih OPPO Find X3 Pro 5G >>>