Uji Banting iPhone 13 Pro dan Nokia 3310, Siapa yang Menang?

Uji Banting iPhone 13 Pro dan Nokia 3310, Siapa yang Menang?

Virgina Maulita Putri - detikInet
Minggu, 17 Okt 2021 14:35 WIB
iPhone 13 Pro
Uji Banting iPhone 13 Pro dan Nokia 3310, Siapa yang Menang? Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Jakarta -

Nokia 3310 dikenal sebagai ponsel yang tangguh, dan ponsel ini bahkan sampai jadi meme karena reputasinya. Tapi, bagaimana ketangguhan ponsel jadul ini jika dibandingkan dengan ponsel canggih seperti iPhone 13 Pro?

Ini yang coba dibuktikan oleh channel YouTube TechRax dalam video terbarunya. Lewat video itu, TechRax melakukan drop test atau uji banting untuk membandingkan ketangguhan Nokia 3310 dan iPhone 13 Pro.

Meski awalnya pemenang kontes ini terlihat jelas, ternyata hasil akhirnya cukup mengejutkan. Drop test ini dimulai dengan menjatuhkan Nokia 3310 dari atas tangga-tangga spiral yang cukup tinggi.

Saat jatuh dari atas, Nokia 3310 beberapa kali menabrak tangga-tangga dan saat mendarat bodinya pecah menjadi beberapa bagian. Mirip seperti Lego, Nokia 3310 itu terbagi menjadi casing, keyboard, baterai dan rangka ponsel.

Sementara itu, iPhone 13 Pro yang dibalut casing silikon dijatuhkan tiga kali dari atas tangga-tangga. Pada drop test pertama, panel kaca bagian belakang ponsel terlihat pecah tapi panel di layar masih utuh dan berfungsi seperti biasa.

Di drop test kedua, mulai terlihat ada retakan di bagian bawah layar sedangkan retakan di panel kaca bagian belakang terlihat semakin parah. Saat drop test terakhir, hanya ada sedikit retakan yang muncul di panel bagian depan, seperti dikutip dari Gizmochina, Minggu (17/10/2021).

[Gambas:Youtube]

Meski eksteriornya pecah dan penuh retakan, iPhone 13 Pro itu masih berfungsi dengan baik, bahkan masih bisa merekam video slow-mo saat drop test kedua. Hal ini tentu menunjukkan ketangguhan rangka aluminium dan lapisan ceramic shield yang digunakan Apple di iPhone 13 Pro.

Sayangnya video itu tidak memperlihatkan nasib Nokia 3310 setelah dijatuhkan dari ketinggian yang cukup ekstrem. Tapi mengingat kondisinya saat jatuh, ponsel jadul itu sepertinya hanya cukup dipasang kembali dan akan berfungsi seperti biasa.



Simak Video "Mengintip Kebolehan Kamera iPhone 13 Pro dan Pro Max"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/agt)