Oppo Tak Niat Naikkan Harga HP Walau Ada Kelangkaan Chip

Krisis Chip Dunia

Oppo Tak Niat Naikkan Harga HP Walau Ada Kelangkaan Chip

Adi Fida Rahman - detikInet
Rabu, 13 Okt 2021 16:08 WIB
Oppo A16
Oppo Tak Niat Naikan Harga HP Walau Ada Kelangkaan Chip (Foto: Adi Fida Rahman/detikINET)
Jakarta -

Masalah kelangkaan chip global turut dihadapi oleh Oppo. Walau demikian, vendor HP asal China ini belum ada niatan untuk menaikkan harga produknya yang dijual di Indonesia.

"Sampai saat ini kami belum ada rencana menaikkan harga. Malah ketika terjadi kelangkaan chipset kemarin, justru kami menjalin kesepahaman dengan produsen prosesor untuk menjaga rantai supply ke Oppo," terang Aryo Meidianto, PR Manager Oppo Indonesia saat dihubungi detikINET, Rabu (13/10/2021).

Sepengetahuan Aryo kelangkaan sekarang terjadi justru pada chip 4G. Imbasnya banyak vendor menempuh cara dengan mengadaptasi beberapa chip ponsel dari beberapa produsen yang memang tidak banyak digunakan oleh vendor ponsel, selain Qualcomm dan Mediatek.

"Oppo agaknya belum memiliki masalah di situ untuk menjaga kelangkaan ini. Lebih kepada memastikan kesepahaman bersama dalam jangka panjang untuk para produsen terus dapat menyuplai chip prosesor itu ke Oppo," pungkas Aryo.

Diberitakan sebelumnya, dikutip dari Daily Mail, Rabu (13/10) terjadi pemangkasan produksi silikon di China secara drastis. Padahal elemen ini penting untuk memproduksi teknologi yang digunakan sehari-hari seperti smartphone, mobil dan laptop. Silikon digunakan dalam membuat semikonduktor untuk chip HP dan smartphone serta kendaraan roda empat, sehingga mereka inilah yang paling terimbas.

"Permintaan yang meningkat karena pandemi global dan krisis energi berarti kelangkaan silikon tak bisa dihindari," kata Profesor Komputer dari Northwester University, Seda Memik.

Apple bahkan sudah merasakan dampaknya. Salah satu pemasok chip penting Apple, TSMC yang berbasis di Taiwan, dilaporkan menaikkan harga komponen karena kelangkaan silikon ini, sehingga berpotensi harga iPhone dan produk Apple lain bakal naik atau tertunda produksinya.

Hal yang sama terjadi di industri komputer. "Industri PC terus terganggu dari tantangan suplai dan logistik dan sayangnya masalah ini tidak ada perkembangan berarti dalam beberapa bulan belakangan," kata Jitesh Ubrani, periset dari IDC.

Direktur riset di firma riset pasar Forrester Research Glenn O'Donnell, mengatakan kelangkaan chip karena kendala pasokan mengakibatkan harga yang lebih tinggi yang perlu diserap oleh produsen atau diteruskan ke konsumen. Hal itu kemungkinan marak terjadi pada tahun depan.

"Mereka harus menaikkan harga karena harga suplai juga naik. Ini adalah masalah kelangkaan chip. Merupakan masalah klasik soal permintaan dan suplai," kata O'Donnell dikutip dari The CIO Dive.



Simak Video "Perpaduan Lengkap Desain dan Teknologi di OPPO Reno6 Series 5G"
[Gambas:Video 20detik]
(afr/fay)