Fakta ColorOS 12 yang Resmi Dirilis OPPO di 68 Negara

Fakta ColorOS 12 yang Resmi Dirilis OPPO di 68 Negara

Khoirul Anam - detikInet
Selasa, 12 Okt 2021 22:30 WIB
ColorOS 12
Foto: dok. OPPO Indonesia
Jakarta -

OPPO resmi mengumumkan sistem operasi ColorOS 12 sudah tersedia bagi para pengguna di seluruh dunia. ColorOS 12 bertujuan untuk menghadirkan seamless user experience serupa dengan Stock Android 12.

ColorOS 12 ini juga memiliki UI yang baru dengan performa lebih mantap, dilengkapi beragam fitur untuk meningkatkan produktivitas sehari-hari, serta membantu menyeimbangkan kehidupan kerja dan kehidupan pribadi.

ColorOS 12 menjadi salah satu OEM pertama yang diterapkan dalam perangkat Android 12. Sistem OS ini tersedia dalam OPPO Find X3 Pro 5G untuk pertama kalinya di Indonesia, Thailand, dan Malaysia. Selanjutnya akan tersedia dalam model perangkat lainnya dan di negara-negara lain dalam beberapa bulan mendatang.

Inklusivitas Jadi Tema Utama

Hadir di 68 negara dan menyentuh 440 juta pelanggan di seluruh dunia, inklusivitas merupakan tema utama dalam pengembangan ColorOS 12. Dikembangkan berdasarkan konsep OPPO's Infinite Design yang ringan, apik, dan customizable, sistem OS baru ini menghadirkan pengalaman yang lebih inklusif karena dikemas dengan tampilan ikon dan animasi yang lebih lembut.

Terdapat pula information framework yang bisa disesuaikan dengan berbagai bahasa dan budaya, serta framework yang dapat disesuaikan dengan format telepon yang berbeda.

Pengalaman Pengguna yang Lebih Mulus dan Meningkatkan Produktivitas

Menghadirkan seamless user experience merupakan prioritas utama saat mengembangkan teknologi OPPO. ColorOS 12 terbaru ini mengutamakan kenyamanan dan daya tahan perangkat.

Melalui proses coding yang mutakhir, ColorOS 12 mampu mengurangi lag dan stutter setelah perangkat digunakan dalam waktu yang lama. Anti-fragmentation dan intelligent resource allocation memberikan kemampuan masa hidup perangkat menjadi lebih lama dengan 2,75% system ageing rate dalam 3 tahun, penggunaan memori 30% lebih rendah, dan konsumsi baterai 20% lebih efisien.

ColorOS 12ColorOS 12 Foto: Oppo

Untuk kebutuhan indera visual pengguna, Quantum Animation Engine menerapkan lebih dari 300 animasi yang ditingkatkan sehingga meniru efek animasi yang realistis. Dengan memanipulasi gerakan resistensi, inersia, dan memantul, fitur tersebut membuat pengalaman keseluruhan lebih halus dan selaras dengan kognisi atau kebiasaan otak manusia sehingga menghasilkan pengalaman yang lebih realistis dan intuitif.

ColorOS juga memiliki sejumlah fitur mudah diakses dan dapat meningkatkan produktivitas penggunanya, seperti PC Connect, 3-Finger Translate powered by Google Lens, FlexDrop, dan Phone Manager.

Prioritaskan Privasi: Fokus pada Peningkatan Keamanan

OPPO senantiasa menerima saran dan kritik dari para pengguna dan memprioritaskan keamanan privasi dalam ColorOS. ColorOS 12 dilengkapi dengan semua fitur keamanan dan privasi yang sudah ditingkatkan dari Android 12, seperti Privacy Dashboards, Approximate Location Sharing, dan Microphone and Camera Indicators.

Tampilan menu dan tombol yang jelas dan mudah digunakan memungkinkan pengguna untuk menjaga keamanan privasi. Selain itu, sejumlah fitur yang dikembangkan oleh OPPO tetap ada, seperti Private System, Private Safe, App Lock, dan lainnya.

OPPO menyadari bahwa pengguna OPPO sangat mementingkan transparansi. Oleh karena itu, OPPO telah menerapkan data compliance dan memiliki sejumlah server yang tersebar di seluruh dunia. OPPO dapat menjamin bahwa data pengguna akan tetap berada di server terdekat yang disimpan dalam non-plain text format dan dikirimkan menggunakan proprietary protocol.

OPPO telah menerima sertifikasi keamanan seperti EPRivacy dan ISO27001 dan bermitra dengan third-party supervisor untuk memastikan keamanan data dan proses kepatuhan.

OS yang Dapat Dikembangkan Developer Android Lain

OPPO dan mitra pengembang Android memiliki prinsip yang sama, yaitu untuk berkontribusi membangun budaya keterbukaan dan pertukaran teknologi untuk meningkatkan kualitas platform. ColorOS memiliki banyak fitur yang diambil dari stock Android.

Demikian pula, ColorOS telah menginspirasi berbagai perubahan baru dalam Android 12, seperti sistem Wallpaper-based Theming dalam Material You, yang dapat ditemukan dan telah diluncurkan dalam edisi ColorOS sebelumnya. Contoh lainnya dari pertukaran teknologi ini adalah App Cloner dari ColorOS yang sekarang hadir di Android 12.

ColorOS OPPO bertujuan untuk menjadi OS yang lebih ramah untuk para developer Android. Selain camera SDKs gratis yang memiliki fitur paling mutakhir dari kamera OPPO seperti Video Shooting, HDR, Super Wide-Angle, dan lainnya, OPPO juga membuka akses HyperBoost, Color Vision Enhancement untuk para developer aplikasi Android dan meningkatkan ekosistem Android .

Rencana Peluncuran ColorOS 12

OPPO akan meluncurkan ColorOS 12 public beta untuk pertama kalinya hari ini di Indonesia, Thailand, dan Malaysia melalui Find X3 Pro 5G. ColorOS 12 kemudian akan terus dikembangkan dan tersedia pada perangkat lain dan negara lain pada 2021 dan 2022.

OPPO menargetkan agar ColorOS 12 dapat diunduh pada 110 juta perangkat dan menjangkau 150 juta pengguna.

OPPOFoto: dok. OPPO

Kebijakan Upgrade Eksklusif OPPO

Untuk pertama kalinya, OPPO mengumumkan kebijakan update OS baru ini. Bagi perangkat OPPO yang diluncurkan pada 2019 dan setelahnya, OPPO akan melakukan tiga jenis update Android untuk seri Find X dan dua jenis update Android untuk seri Reno/F dan satu jenis update Android untuk sebagian seri A, serta dilengkapi dengan update security patch selama empat tahun ke depan untuk seri Find X/Reno/F dan tiga tahun untuk seri A. Informasi lebih lengkap baca di sini.

[Gambas:Youtube]





Simak Video "Perpaduan Lengkap Desain dan Teknologi di OPPO Reno6 Series 5G"
[Gambas:Video 20detik]
(prf/ega)