PC Tak Dukung Windows 11, Coba Pakai Linux Ini Tampilannya Mirip

PC Tak Dukung Windows 11, Coba Pakai Linux Ini Tampilannya Mirip

Adi Fida Rahman - detikInet
Senin, 11 Okt 2021 16:45 WIB
Windowsfx 11
Tampilan Windowsfx 11. Foto: dok Windowsfx
Jakarta -

Windows 11 telah dirilis oleh Microsoft, namun tidak semua PC mendapatkan pembaruan sistem operasi ini. Bila perangkat kamu salah satunya tapi tetap ingin merasakan update dari penerus Windows 10, bisa menggunakan Linux satu ini.

Namanya Windowsfx 11, sistem operasi ini membawa beberapa elemen desain Windows 11 ke PC lama kamu. Tidak hanya menambahkan Start Menu tetapi juga Taskbar baru dengan ikon di tengah, tema tembus pandang, mode gelap , dan berbagai fitur lainnya.

Sistem operasi berbasis Ubuntu ini bahkan menambahkan asisten virtual mirip Cortana yang disebut Helloa. Windowsfx 11 secara membawa browser Edge, Teams, Skype, PowerShell, Office Online dan lainnya,

Windowsfx menghadirkan semua alat utama Microsoft Windows 10, termasuk panel kontrol, layar konfigurasi, login dan lainnya. Bahkan sang pengembang turut memastikan kalau sistem operasinya ini dapat menjalankan program .exe dan .msi secara native dengan klik dua kali seperti pada Microsoft Windows.

Kamu dapat melihat video demo di bawah ini untuk mendapatkan gambaran tentang bagaimana tampilannya di PC kamu:

Sistem yang dibutuhkan

Untuk bisa menjalankan Windowsfx 11, perangkat minimal ditenagai prosesor dual-core, RAM 2 GB dan penyimpanan internal 22 GB. Tapi disarankan menggunakan prosesor quad-core, RAM 4 GB dan memori internal 50 GB.

Salah satu keunggulan OS ini adalah pengguna tidak memerlukan komponen perangkat keras tambahan atau persyaratan keamanan seperti chip TPM untuk menjalankannya di sistem mereka. Selain itu, OS ini juga mendukung platform berbasis ARM, termasuk Raspberry Pi.

Windowsfx 11Windowsfx 11 Foto: Windowsfx

Cara mendapatkan Windowsfx 11

Windowsfx 11 tersedia bersamaan dengan dirilisnya Windows 11, yakni 5 Oktober. Kamu bisa mendapatkan sistem operasi ini secara cuma-cuma.

Namun bila ingin menggunakan versi Profesional dengan biaya yang masih terjangkau, yakni USD 20 atau kisaran Rp 285 ribu. Versi Profesional akan mendapatkan asisten suara, Microsoft Active Directory, OneDrive di file manager dan dukungan dari tim pengembangan.

Kamu dapat mengunduh Windowsfx 11 dari situs resminya di sini.



Simak Video "11 Fitur Baru Windows 11 yang Dirilis Besok"
[Gambas:Video 20detik]
(afr/fay)