Jangan Nekat Install Windows 11 di PC yang Tidak Mendukung

Jangan Nekat Install Windows 11 di PC yang Tidak Mendukung

Adi Fida Rahman - detikInet
Jumat, 08 Okt 2021 14:00 WIB
Windows 11
Jangan Nekat Install Windows 11 di PC yang Tidak Mendukung (Foto: Microsoft)
Jakarta -

Windows 11 sudah tersedia untuk didownload secara gratis. Namun Microsoft keluarkan memperingatkan bila pengguna nekat menginstall sistem operasi terbarunya di PC yang tidak mendukung.

Raksasa teknologi asal Redmond ini mengatakan perangkat yang tidak didukung mungkin mengalami lebih banyak Blue Screen of Death ketimbang perangkat yang memenuhi persyaratan. Sebaliknya bila perangkat yang mendukung, Microsoft menjanjikan 99,8% bebas masalah driver dan layar biru.

Masalah yang timbul usai update Windows 11 pada PC yang tidak didukung, tidak sebatas Blue Screen of Death saja. Menurut Microsoft, aplikasi milik mereka seperti Mail, Clock akan crash 43% lebih dari pada PC dengan sesuai persyaratan konfigurasi. Demikian pula kerusakan aplikasi 17% lebih mungkin terjadi.

Jadi bila perangkat memang tidak mendukung Windows 11, tak perlu dipaksakan. Sejatinya Windows 10 sendiri sistem operasi yang bagus, cepat, lebih licin, tak kalah handal.

Kamu pun tidak perlu terburu-buru meningkatkan versi terbaru terkecuali benar-benar ingin merasakan menu Start baru, notifikasi center, dan tampilan anyar lainnya.

Windows 11Windows 11 Foto: Microsoft

Diberitakan sebelumnya Windows 11 resmi tersedia 5 Oktober kemarin. Update ini diberikan cuma-cuma pada pengguna Windows 11 yang memenuhi syarat sebagai berikut:

Spesifikasi Minimum PC untuk install Windows 11

Komponen:Minimium
Prosesor:Prosesor 64-bit yang kompatibel (x86-64 atau ARM64) dengan kecepatan clock minimal 1 GHz dan minimal 2 core
RAM:Minimal 4 GB
Memori internal:Setidaknya 64 GB
Sistem Firmware:UEFI
Keamanan:

Secure Boot, enabled by default

Trusted Platform Module (TPM) version 2.0

Kartu grafis:Kompatibel dengan DirectX 12 atau lebih baru dengan driver WDDM 2.0
Display:Layar dengan resolusi HD (720p) dengan ukuran minimum 9 inch dan satuan warna 8 bit
Koneksi internet dan akun Microsoft:Koneksi internet dan akun Microsoft diperlukan untuk menyelesaikan pengaturan pertama kali di Windows 11 Home.

Jika Anda tidak ingin repot untuk memeriksa semua itu sendiri, kamu dapat mengunduh dan menginstal PC Health Check di sini.



Simak Video "11 Fitur Baru Windows 11 yang Dirilis Besok"
[Gambas:Video 20detik]
(afr/fay)