Pengumuman, Galaxy Note 8 Tak Lagi Dapat Update Keamanan

Pengumuman, Galaxy Note 8 Tak Lagi Dapat Update Keamanan

Virgina Maulita Putri - detikInet
Sabtu, 09 Okt 2021 17:00 WIB
Peluncuran Samsung Galaxy Note 8
Galaxy Note 8 Tidak Lagi Dapat Update Keamanan dari Samsung Foto: detikINET/Ari Saputra
Jakarta -

Kabar buruk untuk pengguna Galaxy Note 8. Samsung telah menghentikan dukungan resmi untuk ponsel ini, yang artinya Galaxy Note 8 tidak akan menerima update software atau keamanan lagi.

Samsung belum lama ini memperbarui daftar ponselnya yang mendapatkan update keamanan bulanan, update keamanan tiap empat bulan dan update keamanan tiap enam bulan. Nama Galaxy Note 8 sudah tidak ada lagi dalam daftar itu.

Hal ini cukup wajar mengingat Galaxy Note 8 pertama kali diluncurkan empat tahun yang lalu. Biasanya ponsel Android hanya mendapatkan update software selama tiga tahun, tapi pengguna Galaxy Note 8 termasuk cukup beruntung karena masih mendapat dukungan resmi dari Samsung di tahun keempatnya.

Dukungan yang diberikan Samsung jauh lebih baik daripada yang diberikan oleh vendor lain, termasuk Google. Meski ponsel Pixel bisa mencicipi Android terbaru lebih cepat, Google hanya memberikan update software untuk ponselnya selama tiga tahun.

Galaxy Note 8 terakhir kali menerima update keamanan pada Agustus 2021. Satu tahun sebelumnya, Samsung memindahkan Galaxy Note 8 dari daftar update keamanan bulanan menjadi tiap empat bulan.

Saat pertama kali diluncurkan, Galaxy Note 8 hadir dengan sistem operasi Android 7.1.1. Ponsel ini menerima dua update sistem operasi, dengan Android 9.0 sebagai update sistem operasi terakhirnya, seperti dikutip dari Android Authority, Sabtu (9/10/2021).

Galaxy Note 8 merupakan ponsel yang penting bagi Samsung. Ponsel ini berhasil membuat lini Galaxy Note kembali bangkit setelah insiden ledakan yang dialami beberapa unit Galaxy Note 7.

Selain Galaxy Note 8, Samsung juga menghentikan dukungan software untuk Galaxy Tab A (2017). Vendor asal Korea Selatan ini juga memodifikasi daftar ponsel yang akan menerima update software ke depannya.

Kini Galaxy M22 dan Galaxy M52 hanya akan menerima update setiap empat bulan. Sedangkan Galaxy A90, Galaxy M10s, M30s dan Galaxy Tab S6 hanya akan menerima update setiap enam bulan.



Simak Video "Samsung: Kontribusi Ponsel 5G di Indonesia Sudah Capai 16%"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/vmp)