Baru Dirilis, Windows 11 Dikeluhkan Rakus RAM

Baru Dirilis, Windows 11 Dikeluhkan Rakus RAM

Adi Fida Rahman - detikInet
Kamis, 07 Okt 2021 07:16 WIB
Lenovo Windows 11
Windows 11. Foto: dok Lenovo
Jakarta -

Windows 11 secara resmi dirilis untuk semua pengguna PC di seluruh dunia pada 5 Oktober. Kendati telah diujicoba selama beberapa bulan lewat program Windows Insider, sejumlah pengguna mendapati beberapa bug mengganggu, salah satunya sistem operasi ini rakus RAM.

Seorang pengguna Reddit dengan julukan gyrohan269 mendapati bug Windows 11 yang menyebabkan aplikasi Explorer tidak dapat mengosongkan RAM meskipun pengguna telah mematikan aplikasi tersebut sepenuhnya. Bahkan Explorer tetap memakan RAM ketika dia me-restart aplikasi dan setiap kali dia membuka folder baru, aplikasi akan melahap RAM lebih banyak lagi.

"Setiap kali Anda membuka atau menutup Windows Explorer, jumlah RAM yang digunakan meningkat beberapa MB tanpa berkurang ketika Anda menutupnya. Misalnya: Ketika saya menghidupkan PC saya, Windows Explorer menggunakan 60MB, lalu ketika saya membuka folder naik hingga 80MB dan ketika saya menutup Windows Explorer hanya turun menjadi 70MB bukan 60MB. Bahkan ketika saya membuka folder berkali-kali memakan RAM hingga 1GB," kata gyrohan269.

Segera setelah gyrohan269 membagikan informasi tadi, postingannya di Reddit langsung mendapat perhatian ribuan pengguna lain dan banyak dari mereka mengaku menghadapi masalah yang sama.

Menurut situs PCGamesn, bug ini muncul di Windows 11 Insider beberapa bulan yang lalu, tetapi masih belum diperbaiki oleh Microsoft di versi resmi Windows 11 Build 22000.194 yang baru saja dirilis. Meski tingkat "pemakan RAM" tidak terlalu signifikan, hal itu menunjukkan bahwa Microsoft belum benar-benar menyempurnakan sistem operasi barunya.

Windows 11 Tersedia di Indonesia

Kendati memilki bug, ada kabar baik yang disampaikan Microsoft. Raksasa teknologi asal Redmond ini memastikan kalau Windows 11 sudah tersedia di Indonesia.

"Windows adalah kekuatan pendorong untuk inovasi. Ini adalah platform dan tempat bagi lebih dari satu miliar orang untuk melakukan pekerjaan, mengejar aspirasi, dan terhubung dengan orang-orang yang dicintai. Dengan Windows 11, kami menata ulang seluruh pengalaman pengguna untuk membawa Anda lebih dekat dengan apa yang Anda sukai, memberdayakan Anda untuk lebih produktif, dan menginspirasi Anda untuk berkreasi. Windows 11 akan memberikan pengguna rasa tenang dan nyaman, sambil menjaga semua penggunanya tetap aman. Kami senang membawa Windows 11 ke Indonesia," kata Wahjudi Purnama, Modern Work and Security Business Group Lead Microsoft Indonesia dalam keterangan resminya.

Ada tiga cara untuk mendapatkan Windows 11, yakni:

  • Beli PC baru yang sudah diinstal sebelumnya dengan Windows 11
  • Beli PC Windows 10 yang memenuhi syarat untuk peningkatan gratis ke Windows 11
  • Gunakan aplikasi Pemeriksaan Kesehatan PC untuk memeriksa apakah PC Windows 10 kamu saat ini memenuhi syarat untuk peningkatan gratis. Linknya di sini.

Windows 11 membawa membawa banyak fitur baru. Kamu bisa menyimak pembahasannya pada artikel berikut: Fitur Windows 11.



Simak Video "Siap-siap! Windows 11 Akan Tersedia 5 Oktober"
[Gambas:Video 20detik]
(afr/afr)