Uji Ketahanan iPhone 13 Sambil Dibanting, Setangguh Apa?

Uji Ketahanan iPhone 13 Sambil Dibanting, Setangguh Apa?

Virgina Maulita Putri - detikInet
Kamis, 30 Sep 2021 06:16 WIB
People wait in line to purchase newly released products at the Apple Store in Orchard Road on September 24, 2021 in Singapore. Apple announced September 14 the release of four variants of its latest iPhone 13, alongside other upgrades to its product lineup. (Photo by Feline Lim/Getty Images)
Uji Ketahanan iPhone 13 Sambil Dibanting, Setangguh Apa? Foto: Feline Lim/Getty Images
Jakarta -

Seperti ponsel flagship kebanyakan, iPhone 13 langsung menjalani serangkaian uji ketahanan untuk melihat durabilitasnya. Salah satunya lewat 'drop test' alias menjatuhkan iPhone 13 dari ketinggian tertentu untuk melihat ketangguhan bodinya.

Drop test kali ini dilakukan oleh Allstate Protection Plans untuk membandingkan ketangguhan iPhone 13 dan iPhone 12. Allstate Protection Plans sebelumnya pernah menyebut iPhone 12 sebagai ponsel paling tangguh yang pernah mereka uji setelah melakukan drop test tahun lalu.

Allstate Protection Plans menguji ketangguhan iPhone 13 dan iPhone 13 Pro dengan menjatuhkannya berkali-kali dengan layar menghadap tanah (face-down) dan bagian belakang menghadap tanah (back-down) dari ketinggian 1,8 meter.

Saat iPhone 13 dijatuhkan face-down tanpa case, ponsel itu masih bisa bertahan dengan kerusakan yang minor. Tapi saat dijatuhkan kedua kalinya, bagian sudut atas dan bawah terlihat retak.

iPhone 13 Pro langsung retak di bagian bawahnya saat drop test pertama. Allstate Protection Plans mengatakan hasil ini sama seperti yang mereka temukan saat menguji ketahanan iPhone 12 dan iPhone 12 Pro.

Saat uji coba back-down, iPhone 13 bisa selamat tanpa kerusakan apapun, hanya sedikit retakan di bagian kamera dan sudut ponsel. Sedangkan iPhone 13 Pro bagian belakangnya langsung mengalami retak parah dan salah satu kameranya ikut pecah.

Allstate Protection Plans juga melakukan drop test dengan iPhone 13 dan iPhone 13 Pro yang sudah dilindungi case MagSafe berbahan silikon dan kulit buatan Apple untuk melihat seberapa kuat case ini melindungi iPhone di dalamnya.

Dengan case silikon, iPhone 13 bisa melewati tiga tes back-down dan hanya mengalami sedikit goresan di lensa kamera. Sedangkan dalam tes face-down, iPhone 13 langsung retak di uji kedua.

Dengan case kulit, iPhone 13 Pro melewati tiga tes back-down tanpa kerusakan besar, tapi hanya dengan sekali tes face-down layarnya langsung retak.

"Dalam tes case Apple dengan MagSafe pertama kami, kami menemukan bahwa case silikon dan kulit bisa melindungi bagian belakang ponsel dengan sangat baik saat ponsel terjatuh, tapi tidak begitu kuat saat ponsel jatuh dengan layar menghadap ke tanah," kata Allstate Protection Plan, seperti dikutip dari MacRumors, Kamis (30/9/2021).

"Mengingat perbaikan panel belakang yang biayanya mencapai USD 549 untuk iPhone 13 Pro, memakai case adalah sebuah keharusan," sambungnya.

iPhone 13 dan iPhone 12 sendiri dibuat dengan desain dan perlindungan yang sama. Layarnya dilapisi Ceramic Shield, bagian belakangnya dilapisi kaca, dan keempat sisinya dibalut aluminium atau stainless steel.

Sama seperti drop test kebanyakan, apa yang akan terjadi dengan iPhone 13 saat jatuh di dunia nyata akan berbeda, tergantung pada ketinggian, material permukaan yang dijatuhi, bagian ponsel yang mengalami benturan, dan beragam faktor lainnya.

[Gambas:Youtube]



Simak Video "Mengintip Kebolehan Kamera iPhone 13 Pro dan Pro Max"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/afr)