Desain iPhone 14 Kabarnya Bakal Dirombak Total

Desain iPhone 14 Kabarnya Bakal Dirombak Total

Virgina Maulita Putri - detikInet
Senin, 27 Sep 2021 13:46 WIB
iPhone 14
Desain iPhone 14 Kabarnya Bakal Dirombak Total (Foto: jon prosser x renders by ian)
Jakarta -

iPhone 13 baru mulai dijual di beberapa negara, tapi bocoran tentang iPhone 14 sudah ramai bermunculan. Bocoran terbaru menyebutkan desain iPhone 14 akan dirombak total.

Bocoran ini datang dari jurnalis Bloomberg Mark Gurman. Dalam laporannya, Gurman mengatakan desain iPhone 14 akan diubah sepenuhnya, tapi ia tidak memberikan petunjuk soal perubahan desainnya, seperti dikutip dari Engadget, Senin (27/9/2021).

Jika rumor ini benar maka iPhone 14 akan membawa perubahan terbesar sejak iPhone X yang diluncurkan tahun 2017. Seperti diketahui iPhone X adalah iPhone pertama yang memiliki dan mempopulerkan desain notch.

Perubahan desain yang minor di iPhone 13 rupanya merupakan petunjuk bahwa Apple sedang menyiapkan upgrade desain yang lebih signifikan. Meski Gurman tidak memberikan petunjuk tentang perubahan apa yang akan dibawa iPhone 14, rumor-rumor yang sudah beredar sebelumnya bisa menjadi acuan.

Seperti laporan dari analis Ming-Chi Kuo yang belum lama ini mengklaim bahwa Apple akan menghilangkan notch di tahun 2022, mulai dari iPhone 14 Pro. Desain ini akan digantikan oleh desain punch hole seperti yang digunakan oleh banyak ponsel Android.

Rumor ini juga diperkuat oleh YouTuber dan leaker Jon Prosser yang mengklaim sudah melihat wujud iPhone 14 Pro Max tanpa notch. Prosser juga belum lama ini membagikan render desain iPhone 14 yang terlihat mirip seperti iPhone 4 dengan bingkai titanium dan rangka yang lebih tebal.

Terkait lini iPhone 14 yang akan diluncurkan, kabarnya Apple akan mematikan varian iPhone mini dan fokus pada varian baru 'iPhone 14 Max'. Jadi kemungkinan lini iPhone 14 akan terdiri dari varian standar, Max, Pro, dan Pro Max.

Sedangkan untuk sensor Touch ID bawah layar, Kuo sebelumnya mengatakan bahwa Apple sedang mengembangkan fitur ini tapi tidak diketahui apakah akan hadir di iPhone 14. Kuo mengatakan kemungkinan fitur ini akan hadir di iPhone keluaran tahun 2023.

Kabar soal desain baru iPhone 14 tentu akan membuat pengguna Apple yang kecewa dengan iPhone 13 merasa sedikit gembira. Pasalnya saat iPhone 13 diluncurkan banyak yang merasa desainnya terlalu mirip dengan iPhone 12 dan fitur baru yang dibawa tidak begitu signifikan.

Semua laporan ini tentu saja masih sebatas rumor yang belum dikonfirmasi oleh Apple. Mengingat iPhone 14 baru akan diluncurkan tahun depan, ada kemungkinan Apple akan membuat perubahan yang substansial sebelum ponsel ini diproduksi.



Simak Video "Beredar Wujud iPhone 14 Jelang Peluncuran iPhone 13"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)