Bos Apple Ngamuk, Info Produk Selalu Bocor Termasuk iPhone 13

Bos Apple Ngamuk, Info Produk Selalu Bocor Termasuk iPhone 13

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Kamis, 23 Sep 2021 22:36 WIB
Tim Cook
Bos Apple Ngamuk, Info Produk Selalu Bocor Termasuk iPhone 13 (Foto: Reuters)
Jakarta -

CEO Apple Tim Cook mengungkapkan kekecewaannya ke karyawan Apple yang membocorkan berbagai informasi rahasia, termasuk iPhone 13, ke pihak luar.

Kekecewaan ini diungkapkan Cook dalam emailnya ke para karyawan Apple, yang ironisnya, isi emailnya pun bocor ke pihak luar. Ia kecewa terhadap para karyawannya yang punya 'usaha sampingan' membocorkan informasi ke para tipster di Twitter.

Cook menyebut Apple akan berusaha sangat keras untuk mengidentifikasi karyawannya yang menjadi sumber informasi tersebut. Orang-orang itu, menurut Cook, tak layak kerja di Apple.

Tak cuma informasi produk bocor yang dikeluhkan oleh Apple. Juga informasi mengenai berbagai kebijakan perusahaan yang seharusnya tak menjadi konsumsi publik.

Contohnya adalah kebijakan Apple terkait tes swab rutin yang harus dilakukan oleh karyawannya yang belum divaksin COVID-19. Meski begitu, Apple tak mewajibkan karyawannya untuk mendapat vaksin tersebut.

Omelan Cook juga merembet ke informasi mengenai tanggapannya terhadap persidangan antara Epic vs Apple yang bocor ke publik.

"Saya ingin Anda tahu kalau saya sangat mengerti kekecewaan Anda. Kesempatan untuk terhubung sebagai sebuah tim memang sangat penting. Namun hal itu hanya bisa terjadi kalau kita bisa mempercayai kalau konten tersebut hanya akan menyebar di kalangan Apple," tulis Cook.

"Saya ingin meyakinkan Anda kalau kami akan melakukan segalanya untuk mengidentifikasi yang membocorkan. Seperti Anda tahu, kami tidak mentoleransi pembocoran informasi rahasia, baik itu IP produk ataupun informasi dari rapat rahasia," tambahnya.

Sebelumnya Apple sudah mengambil sejumlah langkah untuk meminimalkan kebocoran informasi ke pihak luar. Salah satunya adalah dengan mewajibkan Foxconn dan Wistron untuk mengecek latar belakang kriminal dari para pegawai di lini produksinya.

Siapa pun yang punya latar belakang kriminal dilarang memasuki area perakitan produk Apple yang belum dirilis. Selain itu, semua pengunjung pabrik harus menunjukkan KTP, dan petugas keamanan harus memantau semua pergerakan dari pegawai pabrik yang mempunyai akses ke komponen atau produk penting.

Kebocoran informasi di Apple ini sudah terjadi sejak lama, dan tampaknya Apple tak punya cara yang ampuh untuk menghentikannya. Contohnya pada 2017 lalu, Apple mengadakan seminar internal berjudul 'Stopping Leakers - Keeping Confidential at Apple', yang diadakan oleh divisi keamanan Apple. Apa yang terjadi? Informasi seminar itu bocor ke publik. Ada-ada saja...



Simak Video "Masalah yang Mengiringi Peluncuran iPhone 13"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fay)