Hands-on Xiaomi Pad 5, Tablet Rp 5 Juta Spesifikasi Gahar - Halaman 2

Hands-on Xiaomi Pad 5, Tablet Rp 5 Juta Spesifikasi Gahar

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Senin, 20 Sep 2021 16:11 WIB
Xiaomi Pad 5
Xiaomi Pad 5 (Foto: detikINET/Anggoro Suryo Jati)

Spesifikasi

  • Snapdragon 860
  • RAM LPDDR4x 6GB
  • Storage UFS 3.1 256GB
  • Kamera belakang 13MP, kamera depan 16MP
  • Baterai 8.720 mAh charger 22,5W
  • Mendukung stylus dan keyboard cover (dijual terpisah)

Harus diakui, spesifikasinya memang bukan yang paling kencang saat ini. Otaknya adalah Snapdragon 860, sama seperti di Poco X3 Pro, dan merupakan prosesor flagship setahun atau dua tahun ke belakang.

Namun ini bukan berarti perfomanya memble, karena Snapdragon 860 adalah prosesor yang masih sangat mumpuni untuk saat ini. Juga terbantu dari layar 120Hz yang membuat animasi sangat mulus. Lalu MIUI yang dipakai pun versi 12.5, yang jauh lebih ringan ketimbang MIUI 12.

Untuk bermain game, kami menjajalnya dengan PUBG Mobile dan Genshin Impact. Di Genshin Impact, pengaturan maksimal termasuk 60fps bisa dilibas dengan lancar. Sementara untuk PUBG Mobile kami memilih pengaturan HDR dan frame rate Extreme untuk mendapat frame rate yang lebih tinggi.

Oh ya, MIUI yang dipakai ini tidak sama persis dengan MIUI untuk ponsel, melainkan varian khusus untuk tablet. Namanya MIUI for Pad, yang merupakan sedikit modifikasi dari MIUI untuk ponsel.

Sepertinya, Xiaomi pun tengah menyiapkan mode 'PC' untuk Pad 5, yang akan mengubah tampilannya seperti sebuah PC. Mungkin cocok saat dipakai bersama Xiaomi Pad Keyboard -- dan Xiaomi Smart Pen -- yang saat ini belum tersedia di Indonesia.

Kesimpulan

Sejauh ini, pengalaman menggunakan Xiaomi Pad 5 cukup mengesankan. Layarnya menyenangkan, performa kencang, dan baterai terbilang awet. Bodinya pun nyaman dipegang, dan tak banyak meninggalkan noda sidik jari di bodi belakangnya. Terlebih lagi, harganya yang relatif murah untuk spesifikasinya, yaitu Rp 5 juta.

Namun kami memilih untuk tidak mengulasnya secara mendalam sebelum aksesoris keyboard dan stylusnya tersedia. Karena dengan dua aksesoris tersebut, penggunaan Pad 5 akan menjadi jauh lebih luas, tak sekadar menjadi perangkat untuk mengkonsumsi konten video ataupun bermain game.

Xiaomi Smart Pen dan Pad Keyboard dijanjikan akan dirilis dan dijual terpisah dalam beberapa waktu ke depan.

(asj/fay)