Perhatian! HP Android Jadul Bakal Tak Bisa Buka Gmail dan YouTube

Perhatian! HP Android Jadul Bakal Tak Bisa Buka Gmail dan YouTube

Fino Yurio Kristo - detikInet
Rabu, 15 Sep 2021 22:36 WIB
Zebra Technologies kembali meluncurkan perangkat terbarunya yakni TC20 dan TC25. Ini adalah ponsel tahan banting bagi UKM di sektor-sektor seperti ritel dan perhotelan.
Ilustrasi Hp Android jadul (Foto: Agung Pambudhy/detikcom)
Jakarta -

Mayoritas pengguna HP Android mungkin ganti ponsel setelah penggunaan tiga sampai lima tahun. Namun ada pula yang enggan membeli baru karena berbagai macam hal. Nah karena usianya sudah begitu lama, Google memperingatkan ponsel itu takkan bisa mengakses layanannya yang penting.

Seperti dikutip detikINET dari The Star, Rabu (15/9/2021) Google akan memblokir aplikasi kunci semacam Play Store, Gmail, YouTube, Google Maps, Google Calendar dan lainnya pada sistem operasi Android 2.3 Gingerbread. Dengan begitu, user juga tidak bisa lagi masuk ke akun Google di ponsel Android versi tersebut.

Android Gingerbread memang sudah sangat lama usianya, diresmikan Google pada bulan Desember 2010. Artinya, pada saat ini umurnya sudah menginjak sekitar 11 tahun.

Apa alasannya? Google menyatakan dihentikannya dukungan pada Android 2.3 adalah bagian dari upaya mereka menjaga user agar tetap aman dari serangan di dunia maya. Deadline-nya adalah pada tanggal 27 September 2021.

Di Februari 2017, Google juga telah memutus fitur pembayaran Google Pay dari Android Gingerbread. Kini, dengan semua aplikasi itu diblokir dan pengguna tidak bisa mengakses akunnya, praktis ponselnya sudah setengah lumpuh. Apalagi HP Android itu tak bisa menggunakan Play Store untuk mengunduh aplikasi.

Memang mungkin pengguna secara teori bisa upgrade ke Android versi yang lebih tinggi, namun mungkin prosesnya tidak mulus. Jadi jika memang masih ada yang menggunakan smartphone berbasis Android Gingerbread, lebih baik segera menggantinya dengan yang baru sebelum deadline 27 September itu.

Jika keadaan memaksa sehingga belum dapat berpindah ke HP Android lain, maka alternatif terakhir adalah mengakses layanan penting itu melalui browser. Tentu saja pengalaman pemakaiannya tidak akan sebaik menggunakan aplikasi.



Simak Video "Daftar HP Android Terkencang di Dunia Versi AnTuTu"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fay)