Deretan Fitur Kamera Terbaru yang Dibawa iPhone 13

Deretan Fitur Kamera Terbaru yang Dibawa iPhone 13

Virgina Maulita Putri - detikInet
Rabu, 15 Sep 2021 15:09 WIB
iPhone 13 Pro
Deretan Fitur Kamera Terbaru yang Dibawa iPhone 13 (Foto: Apple)
Jakarta -

iPhone 13 tidak membawa perubahan desain yang signifikan, karena itu Apple fokus memberikan peningkatan internal di ponsel terbarunya untuk menarik perhatian konsumen. Salah satunya lewat teknologi kamera di iPhone 13 Pro yang membawa banyak peningkatan.

Untuk iPhone 13 dan iPhone 13 mini, spesifikasi kameranya memang masih sama seperti iPhone 12 dan iPhone 12 mini. Keduanya memiliki kamera wide 12 MP (dengan bukaan f/1.6) dan kamera ultrawide 12 MP (dengan bukaan f/2.4).

Tapi untuk iPhone 13 Pro dan iPhone 13 Pro Max, Apple menyisipkan banyak fitur fotografi tambahan berupa performa low-light yang ditingkatkan, fotografi makro, dan video sinematik.

Mengambil foto low-light di iPhone 13 Pro dan iPhone 13 Pro Max akan lebih mudah berkat bukaan lensa utama yang lebih besar yaitu f/1.6. Lensa ultrawide-nya juga ditingkatkan dari f/2.4 di iPhone 12 Pro, menjadi f/1.8 di iPhone 13 Pro.

Bukaan yang lebih lebar ini seharusnya bisa menangkap lebih banyak cahaya dan meningkatkan kualitas foto. Apple mengklaim lensa ultrawide di iPhone 13 Pro membawa peningkatan hingga 92% untuk mengambil foto di kondisi low-light.

Lensa telephoto yang digunakan iPhone 13 Pro dan iPhone 13 Pro Max juga ditingkatkan. Meski bukaannya lebih kecil dari pendahulunya, iPhone 13 Pro bisa mengambil foto zoom tanpa mengurangi kualitas foto berkat lensa telephoto 77mm. Lensa telephoto ini juga mendukung night mode, fitur yang tidak ada di iPhone 12 Pro.

Apple juga menghadirkan mode makro di iPhone 13 Pro dan iPhone 13 Pro Max. Mode ini bekerja dengan mengombinasikan lensa ultrawide dan sistem autofokus untuk mendekati objek hingga jarak 2 cm. Mode ini juga bisa digunakan untuk merekam video, bahkan video slow-mo.

iPhone 13 dan iPhone 13 mini juga tidak ketinggalan. Apple menghadirkan fitur baru Photographic Styles dan Cinematic Mode untuk iPhone 13, iPhone 13 mini, iPhone 13 Pro dan iPhone 13 Pro Max, seperti dikutip dari TechCrunch, Rabu (15/9/2021).

Fitur Photographic Styles bisa langsung mengedit foto secara real time bahkan saat foto masih dirender. Jadi fotografer bisa memilih satu dari empat preset yang ada sebelum mengklik tombol shutter untuk melihat bagaimana hasil akhir foto mereka.

Sedangkan Cinematic Mode memungkinkan pengguna merekam video untuk kemudian mengubah blur di latar belakang dan fokusnya. Fitur ini bisa membantu pengguna menghasilkan video ala film Hollywood hanya dengan bermodalkan iPhone 13.



Simak Video "Ragam Respons Netizen soal Seri Terbaru iPhone 13"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)