Xiaomi Pamerkan Konsep Kacamata Pintar Canggih

Xiaomi Pamerkan Konsep Kacamata Pintar Canggih

Virgina Maulita Putri - detikInet
Rabu, 15 Sep 2021 10:14 WIB
Kacamata Pintar Xiaomi
Xiaomi Pamerkan Konsep Kacamata Pintar Canggih Foto: dok. Xiaomi
Jakarta -

Xiaomi merambah area baru di sektor wearable dengan memamerkan konsep kacamata pintar yang canggih. Konsep gadget ini dipamerkan tidak lama setelah Facebook meluncurkan kacamata pintarnya yang dibuat bersama Ray-Ban.

Mirip seperti kacamata pintar Facebook, Xiaomi Smart Glasses terlihat seperti kacamata pada umumnya. Kacamata ini berbobot 51 gram dan memiliki layar yang bisa menampilkan notifikasi, memandu navigasi, mengambil foto, dan sejumlah fitur pintar lainnya.

Kacamata pintar Xiaomi ditenagai prosesor ARM quad-core dan menjalankan sistem operasi Android. Layarnya menggunakan teknologi MicroLED yang dikenal memiliki tingkat kecerahan lebih tinggi dan lebih awet ketimbang OLED.

Dalam keterangan resminya, Xiaomi mengatakan chip display yang digunakan kacamata ini berukuran 2,4 mm x 2,02 mm, kurang lebih sama seperti sebulir nasi. Layar ini memiliki pixel individual berukuran 4μm sehingga bisa muat di bingkai kacamata.

Tapi kacamata ini tidak mampu menampilkan layar berwarna. Xiaomi mengatakan mereka memilih menggunakan solusi monochrome agar cahaya bisa melewati struktur optik yang rumit.

Kacamata Pintar XiaomiKacamata Pintar Xiaomi Foto: dok. Xiaomi

Kacamata pintar ini tidak sekedar menjadi layar kedua untuk ponsel berkat bantuan asisten pintar XiaoAI. Xiaomi mengklaim kacamata ini bisa melakukan banyak hal secara independen, seperti memilih notifikasi paling penting ditampilkan, menampilkan peta dan arah di layar, dan menunjukkan kontak yang menghubungi ponsel pengguna.

Pengguna juga bisa melakukan panggilan telepon berkat mikrofon dan speaker yang sudah terintegrasi dengan kacamata. Mikrofon ini juga dirancang untuk menangkap percakapan dan menerjemahkannya secara real time, seperti dikutip dari Engadget, Rabu (15/9/2021).

Fitur penerjemah ini juga bisa digunakan untuk menerjemahkan teks dan teks di gambar lewat kamera 5 MP. Akan ada lampu indikator yang menyala jika kamera tersebut sedang digunakan.

Sayangnya semua teknologi canggih ini masih dalam bentuk konsep dan Xiaomi tidak mengumumkan kapan produk ini akan diluncurkan, ketersediaannya dan berapa harganya.

[Gambas:Youtube]





Simak Video "Canggih! Facebook Luncurkan Kacamata Pintar"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)