Rumor iPhone 13 Bakal Bisa Pakai Telepon Satelit

Rumor iPhone 13 Bakal Bisa Pakai Telepon Satelit

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Senin, 30 Agu 2021 19:42 WIB
Bocoran iPhone 13 tampilkan notch lebih kecil
iPhone 13 rumornya bakal bisa pakai telepon satelit (Foto: MacRumors)
Jakarta -

Setelah kehadiran 5G di iPhone 12, Apple kabarnya akan menambah fitur konektivitas baru di iPhone 13. Yaitu telepon satelit.

Dalam analisisnya pada para investor, analis kenamaan spesialis Apple Ming-Chi Kuo menyebut iPhone 13 bakal punya mode komunikasi satelit low-earth-orbit. Dalam mode ini, iPhone 13 tetap bisa dipakai mengirim pesan dan melakukan panggilan telepon meski tak terhubung ke jaringan seluler.

Teknologi konektivitas satelit ini pertama dilaporkan keberadaannya oleh Bloomberg pada 2019. Namun kehadirannya di iPhone 13 ini baru pertama kali muncul, yaitu lewat analisis dari Kuo.

Ke depannya, Kuo berspekulasi kalau komunikasi satelit LEO ini akan dipakai untuk berbagai perangkat Apple lain. Contohnya headset augmented reality Apple, Apple Car, dan berbagai aksesoris internet of things Apple lainnya.

Untuk bisa terhubung ke satelit LEO, iPhone bakal menggunakan chip modem Qualcomm X60 versi custom, yang mendukung koneksi ke satelit, demikian dikutip detikINET dari 9to5mac, Senin (30/8/2021).

Belum jelas apakah sambungan telepon dan pengiriman pesan lewat satelit ini hanya akan tersedia untuk layanan Apple seperti iMessage dan FaceTime, atau bisa mendukung komunikasi ke perangkat biasa yang terhubung ke jaringan tower seluler pada umumnya.

Tak diketahui juga apakah layanan ini akan tersedia secara gratis layaknya GPS atau penggunaannya dikenakan biaya tambahan.

Apple sendiri diperkirakan akan merilis jajaran iPhone 13 pada September mendatang. Ponsel tersebut diperkirakan akan punya tampilan yang sama dengan iPhone 12, seperti ukuran dan bentuknya.

Penambahan kemampuannya diperkirakan akan ada pada kemampuan sistem kamera, layar dengan refresh rate tinggi untuk model Pro dan juga notch yang lebih kecil.



Simak Video "Paling Ditunggu, Inilah Hands On iPhone 13 Pro Indonesia!"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fay)