Windows 11 Bisa Diinstal di Perangkat Lawas, Tapi...

Windows 11 Bisa Diinstal di Perangkat Lawas, Tapi...

Virgina Maulita Putri - detikInet
Senin, 30 Agu 2021 11:40 WIB
Windows 11
Windows 11 Bisa Diinstal di Perangkat Lawas, Tapi... Foto: dok Microsoft
Jakarta -

Saat Microsoft mengumumkan Windows 11, banyak pengguna yang kebingungan karena perangkat mereka tidak kompatibel dengan sistem operasi terbaru itu. Kini Microsoft memperluas ketentuan soal sistem yang didukung Windows 11 sekaligus mengumumkan perangkat dengan prosesor lawas akan tetap bisa menginstal sistem operasi ini.

Dalam blog terbarunya, Microsoft menambah beberapa prosesor baru ke dalam daftar sistem yang kompatibel dengan Windows 11. Daftar itu kini mencakup Intel Core X-series, Xeon W-Series dan perangkat tertentu yang menjalankan Intel Core 7820HQ seperti Surface Studio 2.

Prosesor AMD Ryzen generasi pertama sayangnya tidak masuk ke dalam daftar ini meski sudah diuji coba oleh Microsoft.

"Setelah menganalisa dengan hati-hati prosesor AMD Zen generasi pertama dalam kemitraan dengan AMS, kami menyimpulkan bahwa prosesor ini tidak akan dimasukkan ke dalam daftar CPU yang didukung," kata tim Microsoft Windows dalam postingan blognya, seperti dikutip dari The Verge, Senin (30/8/2021).

Microsoft mengklaim perangkat yang tidak memenuhi ketentuan hardware mengalami kernel crash 52% lebih sering. Sedangkan perangkat yang memenuhi kebutuhan spesifikasi minimal memiliki pengalaman bebas crash 99,8%.

Dalam blog yang sama, Microsoft mengindikasikan perangkat yang tidak didukung Windows 11 tetap bisa menginstal sistem operasi ini dengan memanfaatkan celah yang ada. Tapi Microsoft tidak akan menyarankan metode instalasi seperti ini dan memperingatkan bahwa sistem yang digunakan pengguna tidak didukung secara resmi oleh Microsoft.

Pengguna yang ingin upgrade dari Windows 10 ke Windows 11 tapi perangkatnya tidak sesuai dengan ketentuan bisa memperbarui perangkatnya dengan mengunduh file ISO Windows 11 dan memasangnya secara manual. Atau bisa juga lewat program Windows Insider dan Media Creation Tool.

Tapi pengguna yang ingin menginstal Windows 11 juga tetap harus memenuhi persyaratan minimal yaitu memiliki prosesor 1GHz 64-bit dengan inti dua atau lebih, RAM 4GB, storage 64GB dan TPM 1.2. Prosesor generasi apapun tidak masalah asalkan spesifikasi minimum di atas terpenuhi.

Microsoft juga akan memperbarui aplikasi PC Health Check untuk memasukkan daftar CPU baru yang telah didukung dan memberi informasi yang lebih jelas tentang mengapa perangkat pengguna tidak mendukung Windows 11 secara resmi. Saat ini aplikasi tersebut masih diuji coba dan akan digulirkan dalam beberapa minggu ke depan.



Simak Video "11 Fitur Baru Windows 11 yang Dirilis Besok"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/afr)