Microsoft Paint di Windows 11 Diperbarui, Seperti Apa?

Microsoft Paint di Windows 11 Diperbarui, Seperti Apa?

Adi Fida Rahman - detikInet
Selasa, 24 Agu 2021 07:47 WIB
Microsoft Paint
Microsoft Paint di Windows 11. Foto: dok windowslatest
Jakarta -

Microsoft pernah ingin membunuh Paint pada 2017, namun rencana tersebut urung dilakukan. Aplikasi menggambar ini masih tetap dipertahankan hingga Windows 11, bahkan tampilan dan fiturnya diperbarui oleh raksasa teknologi yang bermarkas di Redmond, AS itu.

Dibandingkan aplikasi menggambar lainnya, kemampuan Microsoft Paint memang tertinggal jauh di belakang. Namun kesederhanaan, kecepatan dan kemudahan penggunaan telah membuat aplikasi ini masih menjadi favorit di antara pengguna Windows.

Karenanya itu keputusan Microsoft untuk memusnahkan Paint demi memberi jalan aplikasi Paint 3D yang lebih baru langsung menuai kecaman dari pengguna. Akhirnya perusahaan besutan Bill Gates ini luluh dan mengurungkan niat untuk menghapus aplikasi yang sudah berusia 36 tahun itu dari sistem operasinya.

Microsoft pun malah memoles aplikasi gambar ini dengan fitur baru. Pada tahun 2019 diberikan fitur aksesibilitas baru.

Kini di Windows 11, bersamaan dengan Snipping Tool, Windows Calculator, Mail & Calendar dan aplikasi default lainnya, Microsoft Paint juga diperbarui. Bos Windows Panos Panay belum lama ini membagikan video singkat memperlihatkan bahasa desain Fluent Design pada Microsoft Paint.

Aplikasi Paint telah diberikan ikon baru, jendela dengan sudut membulat, serta dukungan untuk tema dark mode. Menu konteks turut didesain ulang.

Seperti Windows File Explorer, aplikasi Microsoft Paint akan mendapatkan menu header baru yang disebut 'command bar' yang akan menggantikan menu bergaya ribbon-style yang selama ini dipakai. Ini membuat Paint akan terasa jauh lebih modern dan dioptimalkan untuk perangkat berbasis sentuhan.

Pengguna bisa menyisipkan teks dalam gambar.Pengguna bisa menyisipkan teks dalam gambar. Foto: Windows Latest

Microsoft mengoptimalkan kontrol untuk pengguna tablet dan desktop. Misalnya,kamu dapat mengklik ikon 'A' untuk menyisipkan teks langsung ke gambar dan mengubah perataan atau gaya font dari menu dropdown baru.

Kendati tidak mendapatkan fitur pengeditan lanjutan, untungnya MS Paint tidak kehilangan fitur utamanya dan sangat ideal jika kamu ingin membuat sedikit penyesuaian pada gambar.

undefinedTools gambar di Microsoft Paint di Windows 11. Foto: Windows Latest

Kamu masih dapat me-resize dan crop gambar. Selain itu dapat menggunakan Select Tools (star, rectangle, dll), Eraser, Fill Tool, Pick Color, Pencil and Brush, Airbrush dan lainnya. Microsoft juga tampaknya sedang menguji cara baru untuk memilih jenis kuas, dan telah dioptimalkan untuk pengguna berbasis sentuhan.

Microsoft Paint baru akan mulai diluncurkan ke Windows Insiders dalam beberapa minggu mendatang.

Microsoft Paint di Windows 11 Foto: Windows Latest


Simak Video "Siap-siap! Windows 11 Akan Tersedia 5 Oktober"
[Gambas:Video 20detik]
(afr/afr)