Windows 11 Bisa Dicoba Lewat Browser, Ini Caranya

Windows 11 Bisa Dicoba Lewat Browser, Ini Caranya

Virgina Maulita Putri - detikInet
Sabtu, 28 Agu 2021 16:00 WIB
Windows 11
Windows 11 Bisa Dicoba Lewat Browser, Ini Caranya Foto: dok Microsoft
Jakarta -

Microsoft sudah meluncurkan Windows 11 versi beta selama beberapa bulan. Pengguna yang penasaran ingin menjajal sistem operasi terbaru ini bisa mencobanya lewat browser tanpa perlu menginstal apapun.

Pindah ke sistem operasi baru, terutama yang masih dalam tahap beta, tentu bisa bikin deg-degan karena masih banyak bug. Lewat aplikasi web ini, pengguna bisa menjajal Windows 11 hanya dengan bermodal browser dan internet tanpa perlu khawatir perangkatnya akan bermasalah.

Windows 11 versi browser ini merupakan ciptaan developer software BlueEdge yang bisa kalian akses di https://win11.blueedge.me/. Perlu dicatat bahwa aplikasi ini web ini bukanlah reka ulang Windows 11 yang berfungsi penuh seperti aslinya atau remote desktop yang menjalankan Windows 11, seperti dikutip dari PC Gamer, Sabtu (28/8/2021).

Setelah membuka laman simulasi BlueEdge, kalian harus menunggu beberapa saat sampai semuanya selesai dimuat. Selanjutnya klik ikon-ikon aplikasi yang ada di layar.

Aplikasi web ini hanya merupakan simulasi dari Windows 11 dengan fungsi yang sangat terbatas. Misalnya, pengguna bisa membuka menu Start, melihat widget, membuka browser Edge, dan Windows Store.

Tapi fungsi selain itu masih belum tersedia. Misalnya, saat pengguna mengklik ikon File Explorer di taskbar yang muncul adalah jendela kosong dengan tulisan 'Coming Soon'. Ikon Settings yang ada di taskbar juga tidak responsif saat diklik.

Ikon Recycle Bin jika diklik tidak akan keluar apa-apa, dan kebanyakan aplikasi di menu Start juga tidak bisa diklik. Notification Center dan widget News yang ada di simulasi ini juga hanya menampilkan gambar diam dan bukan elemen yang interaktif seperti yang ada di Windows 11 versi resmi.

Meski fungsinya terbatas, setidaknya pengguna yang tidak sabar ingin menggunakan Windows 11 bisa menghilangkan rasa penasarannya. Apalagi ketentuan spesifikasi dari Microsoft membuat sistem operasi ini tidak bisa digunakan di banyak perangkat lawas.

Perlu diingat bahwa Windows 11 versi simulasi ini bukan sistem operasi sebenarnya, dan hanya dibuat untuk menunjukkan bagaimana rasanya menggunakan Windows 11. Jadi jangan bandingkan performa simulasi ini dengan Windows 11 versi penuh yang akan digulirkan Microsoft.

Windows 11 versi final sendiri baru akan digulirkan oleh Microsoft pada menjelang akhir tahun ini. Pengguna Windows 10 bisa upgrade ke Windows 11 secara gratis dan menikmati semua fitur barunya seperti menu Start baru, tampilan yang lebih modern, dan banyak peningkatan lainnya.



Simak Video "11 Fitur Baru Windows 11 yang Dirilis Besok"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/afr)