Apple Jajal Sensor Sidik Jari di Layar, Tapi...

Apple Jajal Sensor Sidik Jari di Layar, Tapi...

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Selasa, 24 Agu 2021 17:27 WIB
Logo Apple
Logo Apple. Foto: Ari Saputra
Jakarta -

Berbagai perangkat terbaru Apple tak lagi menggunakan sensor sidik jari, atau Touch ID, dan tampaknya benar-benar tak akan kembali dihadirkan di lini iPhone.

Beberapa waktu lalu rumor yang beredar menyebutkan lini iPhone anyar bakal menggunakan sensor sidik jari bawah layar. Kebutuhan sensor sidik jari ini terkait penyebaran virus Corona yang membuat fitur Face ID sulit digunakan.

Namun menurut Mark Gurman, sensor sidik jari tak akan kembali lagi ke lini iPhone. Meskipun Apple sudah menjajal panel layar yang terintegrasi dengan sensor sidik jari, demikian dikutip detikINET dari GSM Arena, Selasa (24/8/2021).

Menurut Gurman, Apple kemungkinan besar menolak penggunaan sensor sidik jari di layar itu. Mungkin karena Apple tak puas dengan performa sensor sidik jari itu selama pengujian, meski keputusan itu tentu masih bisa berubah.

Alih-alih, Apple bakal mengintegrasikan Face ID ke dalam panel layar untuk iPhone generasi selanjutnya, kemungkinan iPhone 14. Sementara untuk varian murah, Apple bakal tetap membenamkan sistem Face ID di dalam notch seperti sebelumnya.

Perlu diingat, perubahan besar pada desain ini baru akan terjadi pada iPhone keluaran 2022 mendatang. Bukan iPhone 13 yang bakal dirilis pada tahun 2021 ini.

Ada juga rumor mengenai iPhone SE baru keluaran 2022 yang bakal mempunyai koneksi 5G. Menurut Gurman, iPhone SE baru itu akan menggunakan Face ID, bukan Touch ID seperti yang sebelumnya dipakai.

Untuk iPhone 13, Gurman menyatakan kalau layarnya akan punya fitur always on yang terinspirasi dengan Apple Watch. Selain itu notch-nya akan lebih kecil dan punya refresh rate 120Hz, meski refresh rate tinggi ini kemungkinan hanya akan dipakai di model Pro.

Penggunaan panel LTPE dengan refresh rate 120Hz di semua lini iPhone tampaknya baru akan terjadi di iPhone 14. Oh ya, iPhone mini mungkin tak lagi ada di jajaran iPhone keluaran 2022, namun tetap akan ada empat model iPhone, yaitu dua model dengan layar 6,1 inch dan dua model dengan layar 6,7 inch (Max dan Pro Max).



Simak Video "Beredar Wujud iPhone 14 Jelang Peluncuran iPhone 13"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fay)