Ini Dia Otak untuk Smartwatch Baru Samsung

Ini Dia Otak untuk Smartwatch Baru Samsung

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Selasa, 10 Agu 2021 19:48 WIB
Galaxy Watch
Ilustrasi Galaxy Watch. Foto: Samsung
Jakarta -

Samsung meresmikan chip barunya yang bernama Exynos W920, yaitu system on a chip (SoC) yang didesain untuk smartwatch dan berbagai perangkat wearable lainnya.

Chip ini diklaim sebagai chip untuk wearable pertama yang dibuat dengan proses 5nm, yang bakal meningkatkan performa serta efisiensinya, demikian dikutip detikINET dari The Verge, Selasa (10/8/2021).

Exynos 920 mempunyai dua core Cortex-A55 di CPU-nya dan GPU Mali-G68. Sekadar info, core Cortex-A55 ini lazim dipakai di SoC untuk ponsel sebagai core hemat daya, contohnya di Snapdragon 888 yang menggunakan empat Cortex-A55 untuk menemani empat core kencang lain.

Samsung menjanjikan Exynos 920 punya performa CPU 20% lebih kencang dan GPU 10x lebih kencang dibanding chip wearable sebelumnya. Selain itu ada juga prosesor Cortex-M55 yang khusus mengatur always on display, yang bertujuan untuk mengurangi konsumsi daya keseluruhan dengan tak membebani core yang lain.

Samsung dengan gamblang menyebut Exynos 920 ini mendukung penggunaan platform baru gabungan Wear OS dan Tizen, yaitu Wear OS 3, dan mereka pun memastikan kalau Exynos 920 akan dipakai di Galaxy Watch terbaru.

Galaxy Watch terbaru ini akan dirilis Samsung di acara Unpacked 2021 bersama sejumlah perangkat lain, yaitu Galaxy Z Fold 3, Galaxy Z Flip 3, dan Galaxy Buds anyar.

Samsung sendiri telah membagikan undangan Galaxy Unpacked beberapa hari yang lalu. Event ini akan digelar pada 11 Agustus mendatang pukul 21.00 WIB dan akan diadakan secara online.

Setelah acara peluncuran rampung, Samsung Indonesia bakal langsung membuka pre-order di hari itu juga. Keran pemesanan awal akan dibuka tepat pukul 22.00 WIB.



Simak Video "Samsung: Kontribusi Ponsel 5G di Indonesia Sudah Capai 16%"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fay)