Huawei FreeBuds 4 Bisa Deteksi Bentuk Telinga Pengguna

Huawei FreeBuds 4 Bisa Deteksi Bentuk Telinga Pengguna

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Jumat, 06 Agu 2021 18:11 WIB
FreeBuds 4
Foto: Huawei
Jakarta -

Huawei FreeBuds 4 yang dirilis bersama MatePad 11 punya desain dan fitur yang terbilang unik, yaitu kombinasi antara desain open-fit dan fitur active noise cancelling (ANC).

Maksud dari desain open-fit ini adalah FreeBuds 4 adalah earphone yang tak menggunakan eartips tambahan dari silikon (ataupun memory foam). Jadi tidak sebenarnya noise blocking pasif dari earphone ini bisa dibilang tidak ada.

Sementara earphone yang dilengkapi eartips bisa memblok suara dari luar untuk memberikan kekedapan suara yang lebih baik. Namun FreeBuds 4 dilengkapi ANC untuk menghilangkan noise dari luar secara aktif, yaitu dengan menggunakan white noise untuk 'menetralisir' noise yang ada.

Nah, teknologi ANC di FreeBuds 4 ini menggunakan Adaptive Ear Matching (AEM) noise cancellation, dan diklaim Huawei sebagai earbuds open-fit pertama yang menggunakan teknologi tersebut.

Saat fiturnya diaktifkan, earbud akan otomatis mendeteksi bentuk telinga pengguna dan menentukan pengaturan optimal untuk setiap pengguna, dan menghasilkan noise cancellation yang paling nyaman.

"Semakin sering dipakai, akan semakin bagus juga noise cancellation-nya," ujar Edy Supartono, Training Director Huawei CBG Indonesia, dalam konferensi pers, Kamis (5/8/2021).

Fitur ANC ini juga didukung oleh dual microphone noise cancellation, yang dipakai untuk mendeteksi kebisingan yang ada di 'di luar' telinga.

Drivernya berjenis dynamic driver dengan diafragma komposit Liquid Crystal Polymer (LCP) berdiameter 14,3mm. Suara yang dihasilkan punya rentang frekuensi sampai 40kHz.

FreeBuds 4 dijanjikan nyaman digunakan karena tidak menutup kanal telinga secara rapat, sehingga nyaman dipakai selama berjam-jam. Meski begitu, sistem ANC-nya bisa mengurangi noise yang masuk hingga 25 desibel, meski lebih rendah dibanding FreeBuds Pro yang bisa mengurangi noise sampai 40 desibel.

TWS yang bisa terhubung ke dua perangkat sekaligus ini memiliki beragam warna, seperti ceramic white dan silver frost dan dijual dengan harga Rp 2,2 juta.



Simak Video "HUAWEI Freebuds 4, Teman Bermusik dengan High Resoulution Sound"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fay)