Mengenal Tensor, Prosesor Google Pixel 6

Mengenal Tensor, Prosesor Google Pixel 6

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Rabu, 04 Agu 2021 09:01 WIB
Google Tensor
Google Tensor. Foto: Dok. Google
Jakarta -

Google membeberkan sejumlah informasi mengenai ponsel terbarunya, yaitu Pixel 6 dan Pixel 6 Pro. Salah satunya mengenai system on a chip (SoC) yang dipakai, Google Tensor.

CEO Google Sundar Pichai lewat akun Twitternya menjelaskan kalau mereka menghabiskan waktu empat tahun untuk membangun chip Tensor, dan didasarkan dari pengalaman komputasi Google selama lebih dari dua dekade.

"Ini adalah inovasi terbesar kami di Pixel sampai saat ini. Akan dipakai di Pixel 6 dan Pixel 6 Pro pada musim gugur," kicau Pichai sambil memposting foto Tensor yang dibandingkan ukurannya dengan sebuah peniti.



Google memang tak mengungkap informasi yang lengkap, seperti kemampuan CPU atau GPU lewat skor benchmark. Namun yang jelas Tensor ini secara spesifik dibuat untuk ponsel Pixel.

Tensor dibuat berdasarkan cara orang menggunakan ponsel saat ini, yaitu lebih mengandalkan kemampuan artificial intelligence (AI) dan machine learning (ML). Jadi tak sekadar menambah kemampuan komputasi pada CPU ataupun GPU.

Google meyakini penggunaan AI dan ML ini bakal memberikan pengalaman baru yang spesifik pada pengguna Pixel.

Tensor sendiri sebenarnya berasal dari nama TensorFlow, yang merupakan platform ML buatan Google. TensorFlow ini adalah basis dari banyak model ML yang sudah dipakai Google, contohnya di Google Photos dan Voice.

Dari sini bisa diasumsikan kalau SoC Tensor yang nantinya dipakai di Pixel 6 bakal lebih mengedepankan kemampuan ML dan juga AI di berbagai sektor, seperti foto, video, dan banyak hal lain.

Tensor juga tampaknya akan dilengkapi berbagai co-processor untuk bermacam keperluan. Contohnya chip Titan M untuk keamanan, atau Pixel Visual Core yang pernah dipakai Pixel versi sebelumnya.

Selain itu Tensor juga akan dilengkapi dengan Tensor Processing Unit (TPU). Beberapa tahun belakangan ini Google sudah memproduksi TPU yang dipakai di berbagai server mereka untuk keperluan AI dan ML, dan ini adalah pertama kalinya Google menggunakan TPU (versi mobile) di dalam sebuah ponsel.

Apa fungsi TPU? Dilansir dari The Verge, Rabu (4/8/2021), TPU ini punya bermacam fungsi, salah satunya adalah meningkatkan kualitas foto yang diambil menggunakan Pixel 6. Dalam demonstrasi yang dilakukan Google, mereka menunjukkan foto yang diambil anak kecil yang sedang bergerak.

Dalam foto pertama yang tak tidak diolah menggunakan TPU, gambar si anak terlihat blur. Sementara di foto kedua yang dijalankan lewat TPU di Tensor, wajah si anak bisa terlihat lebih tajam dan tidak blur.

Co-processor lain yang juga ada di Tensor disebut 'always-on computer', yang bertugas mengambil alih tugas-tugas sederhana. Contohnya mengatur 'ambient display'. Google menjanjikan baterai Pixel 6 bakal bertahan selama seharian.

SoC Tensor ini belum diketahui bakal diproduksi oleh siapa, namun rumor yang sebelumnya beredar menyebutkan kalau Samsung adalah perusahaan yang dipilih Google, yaitu menggunakan proses pabrikasi 5nm yang mereka miliki.



Simak Video "Refleksi Google di Ulang Tahun ke-23"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/rns)