Jejak Samsung di Google Pixel 6

Jejak Samsung di Google Pixel 6

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Senin, 19 Jul 2021 15:44 WIB
Gambar render Google Pixel 6 dan Pixel 6 Pro.
Gambar render Pixel 6. Foto: Dok. Jon Prosser
Jakarta -

Google pernah memanfaatkan jasa Samsung untuk memproduksi ponsel Nexus, yaitu Nexus S dan Google Nexus yang dirilis pada 2010 dan 2011. Namun setelah itu tak pernah ada lagi ponsel Nexus -- ataupun Pixel -- yang dibuat oleh Samsung.

Google lebih sering menggunakan jasa LG ataupun HTC untuk memproduksi ponselnya, juga Huawei Nexus 6P. Setelah era Nexus berakhir dan digantikan oleh Pixel, dua kali Google menggunakan jasa HTC, yaitu di Pixel 1 dan 2, sementara Pixel 2 XL dibuat oleh LG.

Setelahnya Google memanfaatkan jasa Foxconn untuk merakit Pixel 3, 4, dan 5. Tak ada lagi ponsel Google yang dibuat oleh Samsung, yang paling mendekati adalah Galaxy S4 yang sempat muncul dalam edisi Google Play, yaitu menggunakan software Android polos layaknya perangkat Nexus dan Pixel.

Nah, Pixel 6 yang akan datang memang bakal tetap diproduksi oleh Foxconn. Namun tampaknya akan banyak jejak Samsung di ponsel ini, demikian dikutip detikINET dari Phone Arena, Senin (19/7/2021).

Meski ponsel tersebut belum dirilis, bocoran yang ada sampai saat ini sudah cukup menunjukkan kalau banyak komponen Samsung yang dipakai di Pixel 6 dan Pixel 6 Pro/XL. Apa saja?

System on a Chip (SOC) dari Samsung

Pixel 6 kabarnya bakal jadi Pixel pertama yang menggunakan prosesor atau tepatnya SoC custom. Chip tersebut punya kode Whitechapel, dan dikembangkan oleh Samsung lewat Samsung Semiconductors.

Whitechapel ini disebut punya banyak kemiripan dengan Exynos 2100 yang dipakai di Galaxy S21, namun tentunya dengan banyak perubahan sesuai dengan kebutuhan Google.

Chip ini diperkirakan bakal meningkatkan pengalaman pengguna di Pixel 6 dibandingkan Pixel 5 yang memakai SoC kelas menengah Snapdragon 765G.

Layar dan kamera juga lho...