Google Pixel Tak Lagi Berbodi Mungil

Google Pixel Tak Lagi Berbodi Mungil

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Kamis, 15 Jul 2021 17:12 WIB
Gambar render Google Pixel 6 dan Pixel 6 Pro.
Foto: Dok. Jon Prosser
Jakarta -

Setidaknya tiga generasi Google Pixel ke belakang (Pixel 3, 4 dan 5) punya bodi mungil yang dimensinya hampir sama. Namun di Pixel 6 ukurannya disebut akan meningkat drastis.

Pixel 6 kabarnya memang tetap akan hadir dalam dua pilihan, yaitu yang berukuran normal dan berukuran XL. Pixel 6 XL disebut punya layar 6,7 inch, yang tak mengejutkan lagi, karena banyak ponsel flagship yang ada saat ini punya ukuran layar sebesar itu.

Namun yang berbeda dibanding Pixel generasi sebelumnya adalah Pixel 6 akan hadir dengan ukuran 6,4 inch, jauh lebih besar dibanding semua generasi Pixel sebelumnya. Ukurannya ini pun membuat dimensi bodinya menjadi jauh lebih besar.

Sebagai perbandingan Pixel 3, 4, dan 5 berturut-turut punya ukuran layar 5,5 inch, 5,7 inch, dan 6 inch. Namun ukuran bodi ketiganya tidak terpaut jauh. Misalnya tinggi Pixel 3 selisihnya tak sampai 2mm dibanding Pixel 4, dan bahkan malah lebih besar dibanding Pixel 5, karena meski layar Pixel 5 lebih besar, namun bezelnya lebih tipis.

Hal inilah yang membuat Google Pixel -- seri mana pun -- identik dengan ponsel dengan bodi yang mungil jika dibanding ponsel flagship lain di zamannya. Namun tampaknya Google tak lagi ingin Pixel dianggap sebagai ponsel yang mungil.

Dengan layar yang jauh lebih besar, juga bezel layar yang tampaknya lebih besar -- dari gambar render yang sudah beredar --, Pixel 6 sepertinya akan punya bodi yang bongsor.

Keberadaan bezel yang tebal itu juga tak sejalan dengan desain Pixel 5 yang punya bezel sangat tipis dan membuat 'wajah' ponsel tersebut dipenuhi oleh layar, demikian dikutip detikINET dari Phone Arena, Kamis (15/7/2021).

Namun tentu saja tampilan Pixel 6 ini bukanlah tampilan asli karena masih merupakan gambar render, sekalipun bocorannya berasal dari OnLeaks, yang seringkali memberikan bocoran akurat. Namun jika benar, Pixel 6 akan menjadi ponsel dengan layar 6,4 inch yang ukuran bodinya lebih mirip dengan ponsel 6,5 inch.

Ponsel flagship dengan layar dan bodi yang mungil saat ini sudah jarang ada, hanya ada Samsung Galaxy S21 (6,2 inch) dan iPhone 12 dan 12 Pro (6,1 inch). Ketiga ponsel itu punya bodi yang mungil karena layar relatif kecil dan bezel tipis, membuatnya nyaman di genggaman dan enak dipakai dengan satu tangan.

Sebenarnya Pixel 5 bodi yang lebih mungil dari ketiga ponsel tersebut, lebih pendek dan juga lebih ramping. Hanya saja sayangnya Google memilih prosesor yang tak lazim untuk sebuah ponsel flagship, yaitu Snapdragon 765G, demi menekan harganya yang tidak murah juga.



Simak Video "Google Masih Pikir-pikir Dulu Jual Ponsel Pixel ke Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fay)