AMD Rilis 'PlayStation 5' Versi PC, Ini Spesifikasinya

AMD Rilis 'PlayStation 5' Versi PC, Ini Spesifikasinya

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Selasa, 13 Jul 2021 11:40 WIB
AMD 4700S
Foto: Dok. AMD
Jakarta -

AMD diam-diam merilis sebuah paket berisi motherboard dan prosesor untuk PC yang punya spesifikasi sangat mirip dengan PS5.

Paket bundel tersebut adalah AMD 4700S kit, yang berisi motherboard kecil mirip mini ITX yang sudah terintegeasi dengan prosesor. RAM-nya ada dua pilihan, 8GB dan 16GB GDDR4 yang tersolder ke motherboard.

Kombinasi ini menghasilkan clock speed sampai dengan 3,2GHz dan bandwidth memori 14Gbps. Lalu pendingin yang dipakai serupa dengan Wraith Stealth yang biasa dipaketkan dengan beberapa prosesor seri Ryzen.

Sayangnya, prosesor yang dipakai ini bakal mengalami bottleneck dengan kartu grafis. Pasalnya slot PCIe x16 yang tersedia di motherboard hanya empat lane Gen2, yang hanya kompatibel dengan kartu grafis low end.

AMD sendiri merekomendasikan penggunaan GPU RX 550 di kit ini, dan pilihan GPU paling kencang yang didukung hanya RX 590 dan GTX 1060, demikian dikutip detikINET dari Techspot, Selasa (13/7/2021).

Kombinasi motherboard, prosesor, dan RAM ini mirip dengan system on a chip yang dipakai di PS5, yaitu Ariel. CPU-nya sama-sama punya delapan core dengan kecepatan sedikit lebih tinggi. Lalu sama-sama terpasang ke RAM 16GB GDDR6.

Jika dipasangkan dengan GPU diskrit pun performanya akan terbatas karena tidak didesain untuk menggunakan kartu grafis tambahan.

Menurut AMD, 4700S Desktop Kit ini adalah solusi unik yang didesain untuk memenuhi kebutuhan pasar mainstream yang menginginkan performa tinggi dengan jumlah core yang banyak.

AMD 4700SAMD 4700S Foto: Dok. AMD

Asumsi yang muncul mengenai kit ini adalah 4700S merupakan chip Ariel yang defektif, alias tak memenuhi standar kualitas untuk menjadi chip di PS5. Misalnya, GPU terintegrasi yang tak memenuhi standar, atau clock speed yang tidak terjaga, atau suhu yang dihasilkan terlalu tinggi.

Namun ada juga yang mengasumsikan kalau 4700S ini sebenarnya adalah prototipe Ariel, atau desain yang dibuat dengan GPU terintegrasi yang berbeda.

AMD menjanjikan akan ada 80 PC yang bakal dirilis ke pasaran oleh para partnernya mulai 24 Juni. Harganya pun akan diumumkan oleh para partner MD tersebut, dan sejauh ini kit 4700S ini hanya akan dijual di Asia.



Simak Video "Kelebihan Prosesor AMD Ryzen 5000 Series Generasi Terbaru"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fyk)