Jangan Dekatkan iPhone dengan WiFi Bernama Aneh Ini

Jangan Dekatkan iPhone dengan WiFi Bernama Aneh Ini

Virgina Maulita Putri - detikInet
Selasa, 06 Jul 2021 11:43 WIB
iPhone 12 Pro Max
Jangan Dekatkan iPhone dengan WiFi Bernama Aneh Ini Foto: Dok. Apple
Jakarta -

Celah keamanan yang membuat iPhone sulit terhubung dengan WiFi kembali ditemukan. Celah terbaru ini malah lebih parah karena tidak bisa diperbaiki hanya dengan me-reset pengaturan jaringan di iPhone.

Bulan lalu, peneliti keamanan Carl Schou menemukan saat ia mencoba untuk menghubungkan iPhone ke jaringan WiFi dengan nama "%p%s%s%s%s%n", iPhone tersebut langsung tidak bisa terhubung ke jaringan WiFi sama sekali.

Ia mencoba mengubah SSID-nya menjadi nama lain, tapi tetap tidak berhasil. Untungnya, masalah ini langsung bisa diperbaiki dengan cara me-reset pengaturan jaringan.

Schou kemudian mencoba variasi lain, kali ini ia menginvestigasi jaringan WiFi bernama "%secretclub%power". Ternyata, bug ini lebih parah dari yang ia temukan sebelumnya karena iPhone yang berada di dekat jaringan WiFi ini akan langsung bermasalah.

"Kalian bisa mematikan WiFi di perangkat iOS apapun secara permanen dengan membuat WiFi publik bernama %secretclub%power," tulis Schou di Twitter, seperti dikutip dari Gizmodo, Selasa (6/7/2021).

"Me-reset pengaturan jaringan tidak menjamin bisa mengembalikan fungsionalitas," sambungnya.

Jika sebelumnya Schou bisa mengatasi masalah ini hanya dengan rest pengaturan jaringan di iPhone, bug kali ini membutuhkan solusi yang lebih rumit. Ia mengatakan telah beberapa kali me-reset pengaturan jaringan, me-restart iPhone secara paksa, sampai menghubungi tim keamanan Apple.

Setelah mendapatkan bantuan dari netizen Twitter, Schou akhirnya bisa mengatasi masalah ini dengan cara mengedit backup iPhone dan menghapus nama jaringan tersebut dari file secara manual. Cara lainnya yang lebih memberatkan pengguna iPhone adalah dengan factory reset.

Belum diketahui secara pasti apa penyebab bug WiFi ini di iPhone. Ada yang menduga bahwa iOS membaca tanda persen di depan nama WiFi itu sebagai sebuah penanda kalau karakter setelah tanda tersebut sebagai perintah dan bukan teks biasa.

Untuk itu, pengguna iPhone disarankan untuk menghindari jaringan WiFi yang memiliki simbol persen di namanya, sambil menunggu Apple memperbaiki bug ini dalam update selanjutnya.



Simak Video "Apple Dikabarkan Sedang Buat iPhone Layar Lipat"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)